Dua Titik Jalur Arjosari-Nawangan Lumpuh Tertimbun Longsor

Dua Titik Jalur Arjosari-Nawangan Lumpuh Tertimbun Longsor Sejumlah pengendara motor tampak nekat menerjang material longsor.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pacitan dan sekitarnya, Sabtu (15/12), mengakibatkan bencana tanah longsor di sejumlah titik. Utamanya di jalur Arjosari-Nawangan. Dua titik jalan milik Pemprov Jatim tersebut dilaporkan tertimpa tanah longsor hingga mengakibatkan arus lalu-lintas macet total.

Danramil Arjosari, Kapten (inf) Handi mengatakan, longsor terjadi di dua titik di Desa Temon, Kecamatan Arjosari. "Longsor terjadi sekitar pukul 16.00 WIB di Dusun Drono Desa Temon," ujarnya.

Menurutnya, longsor dipicu intensitas hujan yang begitu deras di wilayah tersebut hingga mengakibatkan tanah tebing tak kuat menahan resapan air. "Tanah di sekitar lokasi memang labil. Lantaran tak kuat menahan resapan air hingga terjadilah tanah longsor," jelas Kapten Handi.

Akibat peristiwa tersebut, jalur yang menghubungkan Pacitan- Kabupaten Wonogiri melalui Arjosari, Nawangan, Bandar, lumpuh total tak bisa dilalui kendaraan. Apalagi banyak pepohonan tumbang dan melintang di badan jalan. "Sejumlah personel TNI dan Polri langsung menuju lokasi guna membantu melakukan evakuasi. Sore tadi sejumlah alat berat sudah sampai di lokasi dan melakukan pembersihan badan jalan," tegasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO