Diterjang Longsor, Bangunan Masjid dan Asrama Pesantren di Pacitan Porak-Poranda

Diterjang Longsor, Bangunan Masjid dan Asrama Pesantren di Pacitan Porak-Poranda Kondisi bagian atap pondok yang ambrol karena diterjang longsor.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Bencana tanah longsor melanda bangunan masjid dan Pondok Pesantren Al Islah di Dusun Saren Desa Bandar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan, Senin (23/12).

Informasi yang dihimpun, kejadian tanah longsor yang merobohkan bangunan masjid serta pondok pesantren tersebut diawali adanya hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Minggu (22/12) malam di Kecamatan Bandar sekitarnya.

Akibatnya, talud pengaman berukuran panjang 6 meter dan lebar 4 meter yang berada di belakang Masjid Pondok Pesantren Al Islah longsor dan menimpa bangunan masjid serta asrama putra. Akibat kejadian ini, kerugian ditaksir sekitar Rp 50.000.000.

Tidak didapati korban jiwa dalam musibah tersebut.

Danramil Bandar, Kapten (Inf) Sutomo mengatakan, babinsa dan bhabinkamtimbas mendatangi lokasi dan mendata kerugian begitu mendapat informasi ada tanah longsor. "Selain itu juga melakukan koordinasi dengan pemerintah desa dan masyarakat setempat untuk melaksanakan kerja bakti pembersihan material longsor serta menyelamatkan perabot masjid," tutur Sutomo.

Terkait kasus tanah longsor itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Pacitan agar selalu waspada menghadapi perubahan musim dari kemarau ke musim penghujan.

Sebab tidak menutup kemungkinan akan terjadi bencana susulan mengingat Kabupaten Pacitan merupakan daerah pegunungan yang rentan dengan bencana tanah longsor dan banjir di dataran rendah. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO