Jumat, 23 Agustus 2019 09:07

Lewat SBSN, Kemenag Bakal Dukung Pembangunan Madrasah di Daerah

Jumat, 14 Desember 2018 13:49 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Iwan Irawan
Lewat SBSN, Kemenag Bakal Dukung Pembangunan Madrasah di Daerah
Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin A, MA, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, disaksikan Kepala MAN Malang 1 M. Husnan meresmikan Ma'had putri MAN Malang 1, Jumat (14/12). Foto: Iwan Irawan/BANGSAONLINE.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kemenag bakal melakukan orientasi perubahan anggaran pembangunan pendidikan di daerah. Rencana itu disampaikan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA saat meresmikan ma'had (asrama) putri MAN Malang 1, Jumat (14/12).

"Pembangunan asrama ini selama ini lebih ke Universitas Agama Islam Negeri. Ke depan, akan lebih ke madrasah dalam penguatan pendidikan, khususnya pembangunan ma'had. Kemenag berkeinginan membangun ma'had diseluruh Indonesia," kata Kamaruddin Amin.

Kamaruddin menyontohkan pembangunan ma'had MAN Malang 1 (Tlogomas) dan MAN Malang 2 (terpadu) merupakan bantuan pembangunan fisik untuk ma'had putra atau putri dengan nilai miliaran rupiah.

"Apabila fasilitasi madrasah di daerah sudah terpenuhi, Kemenag RI berharap, madrasah lebih berkualitas lagi. Mutu dan prestasinya mesti diselaraskan, dan guru bisa menanamkan rasa cinta ilmu kepada siswa, dengan target bisa mengembangkan ilmunya secara aktualisasi," harap dia.

H.vM Husnan, Kepala MAN Malang 1 menjelaskan, MAN Malang 1 tahun 2018 mendapatkan bantuan dari Kemenag RI lewat SBSN (surat berharga syari'ah negara) sebesar Rp 2 miliar lebih untuk pembangunan ma'had putri.

"Insya Allah tahun 2019 melanjutan pembangunan ma'had putri senilai Rp 4 miliar sekian, diperkirakan bulan April 2019 pelaksanaannya," jelas dia.

Dengan pembangunan ma'had ini, target penambahan santriwati sebanyak 400 orang bisa terwujud. Santri di ma'had MAN Malang 1 sekitar 200 lebih, baik ma'had putra atau putri. (iwa/thu/ns)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...