Minggu, 20 Oktober 2019 04:01

Lewat SBSN, Kemenag Bakal Dukung Pembangunan Madrasah di Daerah

Jumat, 14 Desember 2018 13:49 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Iwan Irawan
Lewat SBSN, Kemenag Bakal Dukung Pembangunan Madrasah di Daerah
Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin A, MA, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, disaksikan Kepala MAN Malang 1 M. Husnan meresmikan Ma'had putri MAN Malang 1, Jumat (14/12). Foto: Iwan Irawan/BANGSAONLINE.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kemenag bakal melakukan orientasi perubahan anggaran pembangunan pendidikan di daerah. Rencana itu disampaikan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA saat meresmikan ma'had (asrama) putri MAN Malang 1, Jumat (14/12).

"Pembangunan asrama ini selama ini lebih ke Universitas Agama Islam Negeri. Ke depan, akan lebih ke madrasah dalam penguatan pendidikan, khususnya pembangunan ma'had. Kemenag berkeinginan membangun ma'had diseluruh Indonesia," kata Kamaruddin Amin.

Kamaruddin menyontohkan pembangunan ma'had MAN Malang 1 (Tlogomas) dan MAN Malang 2 (terpadu) merupakan bantuan pembangunan fisik untuk ma'had putra atau putri dengan nilai miliaran rupiah.

"Apabila fasilitasi madrasah di daerah sudah terpenuhi, Kemenag RI berharap, madrasah lebih berkualitas lagi. Mutu dan prestasinya mesti diselaraskan, dan guru bisa menanamkan rasa cinta ilmu kepada siswa, dengan target bisa mengembangkan ilmunya secara aktualisasi," harap dia.

H.vM Husnan, Kepala MAN Malang 1 menjelaskan, MAN Malang 1 tahun 2018 mendapatkan bantuan dari Kemenag RI lewat SBSN (surat berharga syari'ah negara) sebesar Rp 2 miliar lebih untuk pembangunan ma'had putri.

"Insya Allah tahun 2019 melanjutan pembangunan ma'had putri senilai Rp 4 miliar sekian, diperkirakan bulan April 2019 pelaksanaannya," jelas dia.

Dengan pembangunan ma'had ini, target penambahan santriwati sebanyak 400 orang bisa terwujud. Santri di ma'had MAN Malang 1 sekitar 200 lebih, baik ma'had putra atau putri. (iwa/thu/ns)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...