Minggu, 09 Agustus 2020 12:58

Lewat SBSN, Kemenag Bakal Dukung Pembangunan Madrasah di Daerah

Jumat, 14 Desember 2018 13:49 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Iwan Irawan
Lewat SBSN, Kemenag Bakal Dukung Pembangunan Madrasah di Daerah
Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin A, MA, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, disaksikan Kepala MAN Malang 1 M. Husnan meresmikan Ma'had putri MAN Malang 1, Jumat (14/12). Foto: Iwan Irawan/BANGSAONLINE.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kemenag bakal melakukan orientasi perubahan anggaran pembangunan pendidikan di daerah. Rencana itu disampaikan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA saat meresmikan ma'had (asrama) putri MAN Malang 1, Jumat (14/12).

"Pembangunan asrama ini selama ini lebih ke Universitas Agama Islam Negeri. Ke depan, akan lebih ke madrasah dalam penguatan pendidikan, khususnya pembangunan ma'had. Kemenag berkeinginan membangun ma'had diseluruh Indonesia," kata Kamaruddin Amin.

Kamaruddin menyontohkan pembangunan ma'had MAN Malang 1 (Tlogomas) dan MAN Malang 2 (terpadu) merupakan bantuan pembangunan fisik untuk ma'had putra atau putri dengan nilai miliaran rupiah.

"Apabila fasilitasi madrasah di daerah sudah terpenuhi, Kemenag RI berharap, madrasah lebih berkualitas lagi. Mutu dan prestasinya mesti diselaraskan, dan guru bisa menanamkan rasa cinta ilmu kepada siswa, dengan target bisa mengembangkan ilmunya secara aktualisasi," harap dia.

H.vM Husnan, Kepala MAN Malang 1 menjelaskan, MAN Malang 1 tahun 2018 mendapatkan bantuan dari Kemenag RI lewat SBSN (surat berharga syari'ah negara) sebesar Rp 2 miliar lebih untuk pembangunan ma'had putri.

"Insya Allah tahun 2019 melanjutan pembangunan ma'had putri senilai Rp 4 miliar sekian, diperkirakan bulan April 2019 pelaksanaannya," jelas dia.

Dengan pembangunan ma'had ini, target penambahan santriwati sebanyak 400 orang bisa terwujud. Santri di ma'had MAN Malang 1 sekitar 200 lebih, baik ma'had putra atau putri. (iwa/thu/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...