RSUD Tuban Punya Robot Canggih Penyembuh Orang Gila

RSUD Tuban Punya Robot Canggih Penyembuh Orang Gila Para tenaga medis RSUD Tuban usai mengikuti acara seminar pengenalan alat-alat medis baru yang didatangkan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Koesma Tuban semakin dimanjakan dengan kehadiran beberapa alat kesehatan canggih yang dimiliki.

Hal ini dilakukan untuk memberikan peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih layak bagi masyarakat. Tak tanggung-tanggung, pihak rumah sakit (RS) mendatangkan tiga alat sekaligus untuk meningkatkan pelayanan publik. Yakni, Bronkoskopi dan Endoscopy, EEG, dan Robot Autism.

Bronkoskopi dan Endoscopy ini cara kerjanya hampir sama. Bronkoskopi caranya dengan memasukkan alat ke dalam saluran pernapasan untuk mengetahui kelainan-kelainan yang ada di dalam paru-paru. Sementara Endoscopy untuk mengetahui kelainan yang ada pada saluran pencernaan.

Direktur RSUD Dr. Koesma Tuban, Saiful Hadi, berharap rumah sakit ini mampu menjadi rujukan untuk masyarakat Tuban yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Sebab, menjadi rumah sakit satu-satunya bertipe B yang ada di bumi wali, sudah sewajarnya memiliki sarana dan prasarana lebih komplit dari RS lainnya.

"Beberapa inovasi di bidang teknologi ini meliputi teknologi alat kedokteran dan teknologi informasi, semua untuk meningkatkan dan mempercepat pelayanan pasien. Alhamdulillah rumah sakit ini sekarang sudah memiliki alat yang lumayan canggih," ujar Syaiful Hadi usai mengelar seminar kesehatan di aula RSUD Dr Koesma lantai dua, Kamis (29/11).

Terbaru, rumah sakit berplat merah tersebut saat ini memiliki alat paling canggih yang belum banyak ditemui di rumah sakit di Jawa Timur. Yakni, Robot Autism. Sekadar diketahui, robot ini baru dapat ditemui di empat rumah sakit yang ada di Jatim, salah satunya di RSUD Dr. Koesma Tuban.

"Alat ini baru ada di Dr. Soetomo Surabaya, Malang, dan Blitar. Alhamdulillah saat ini kita sudah memiliki alat ini," tegasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO