Musim Penghujan, Harga Mangga Jeblok

Musim Penghujan, Harga Mangga Jeblok

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Bukan hanya singkong dan kelapa yang belakangan ini turun harga. Namun, beberapa jenis buah-buahan semakin tak ternilai. Bahkan khusus buah mangga, sampai hari ini tak lebih dari Rp 2.000-Rp 3.000 per kilogram (kg). Berbeda dengan harga sayuran, yang justru kembali melejit.

Menurut Ketua Paguyuban Pasar Minulyo Sutrisno, saat ini hampir semua jenis mangga dijual tak lebih dari Rp 3.000 per kg. Begitu pun buah naga, yang semula dijual seharga Rp 25 ribu per kg, saat ini hanya di kisaran Rp 10 ribu per kg.

"Hampir mayoritas harga jenis buah-buahan memang lagi anjlok. Kecuali buah impor yang dari Eropa memang masih stabil tinggi. Namun untuk buah impor dari kawasan Asia, seperti anggur China misalnya, sama-sama rendah seperti buah-buahan lokal," terangnya, Kamis (29/11).

Sementara itu, untuk komoditas sayuran, Sutrisno menyebutkan ada beberapa jenis yang mengalami kenaikan harga. Seperti kubis yang semula dijual kisaran Rp 3 ribu per kg, sekarang ini naik di kisaran Rp 10-12 ribu per kg. Begitu juga dengan daun seledri yang semula di kisaran Rp 8 ribu per kg, saat ini sudah bertengger di kisaran Rp 20-22 ribu. Wortel yang dulunya sekitar Rp 5 ribu per kg, saat ini naik menjadi Rp 12 ribu per kg. "Yang jelas hampir semua komoditas sayuran mengalami kenaikan harga cukup signifikan," ungkapnya.

Menurut Sutrisno, kenaikan harga sayuran lebih disebabkan pengaruh produksi ditingkat petani yang banyak mengalami penurunan akibat pengaruh cuaca. (yun/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO