UTM Peringati Hari Bahasa Arab se-Dunia dengan Gelar Berbagai Lomba

UTM Peringati Hari Bahasa Arab se-Dunia dengan Gelar Berbagai Lomba Pemotongan pita oleh Dekan Fakultas Keislaman, Shofiyun Nahidloh, S.Ag., M.HI. foto: FAUZI/ BANGSAONLINE

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari Bahasa Arab (PHBA) se-dunia, Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat Fakultas (UKM-F) Dzikr N Fikr, Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura (FAI-UTM) menggelar beberapa kegiatan untuk mengasah kemampuan generasi muslim milenial dalam bahasa Arab.

Peringatan Hari Bahasa Arab sendiri telah ditetapkan oleh UNESCO setiap tanggal 18 Desember sejak tahun 2010.

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan, Moh. Kholilurrahman, kegiatan Peringatan Hari Bahasa Arab di UTM sengaja dimajukan karena pada tanggal 18 Desember bertepatan dengan jadwal pelaksanaan UAS di Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura.

Untuk tahun ini, PHBA dilaksanakan di Gedung Cakra Lt.1 sejak tanggal 23 hingga 26 November mendatang dengan tema “Menebar Kebaikan di Cakrawala dengan Menggunakan Bahasa Arab”.

Ada berbagai lomba yang digelar dalam kegiatan PHBA ini. Juga digelar seminar nasional dengan tema “Urgensi Bahasa Arab Bagi Generasi Muslim Milenial”.

Adapun lomba-lomba tersebut juga digelar dalam rangka mengasah kemampuan dalam bahasa arab. Di antaranya lomba pidato bahasa Arab, puisi bahasa Arab se-Jatim, Sabtu (24/11/2018), Qiroatul Kutub se-Jawa Timur, dan Ghina’ Arobiy se-Madura, Ahad (25/11/2018), dan diakhiri dengan Kirab Berbahasa Arab (kirab arabic) bersama semua badan kelengkapan dan mahasiswa Fakultas Keislaman, Senin (26/11/2018).

Sedangkan peserta lomba ini berasal dari berbagai Instansi, seperti Ponpes Puncak Darussalam Banyuanyar, Ponpes An-Nuqayah, SMAIT Al Uswah, UINSA Surabaya, Ponpes Darut Tauhid Al Alawi Tuban, serta Ponpes Al Hikam Bangkalan.

Dari hasil lomba, UINSA memborong juara satu baik lomba Puisi dan Pidato bahasa Arab. Sedangkan Pondok Pesantren An Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep meraih juara kedua lomba Pidato Bahasa Arab dan juara tiga lomba puisi. Sementara juara kedua diraih oleh SMAIT Al Uswah Surabaya. (uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO