Puluhan Pelajar dan Santri Tulis Surat Serentak untuk Presiden Jokowi

Puluhan Pelajar dan Santri Tulis Surat Serentak untuk Presiden Jokowi 53 pelajar dan santri mengikuti lomba menulis surat untuk Presiden Jokowi di kantor PCNU Kota Surabaya. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Puluhan pelajar dan santri dari berbagai daerah di Jawa Timur menulis surat secara serentak untuk Presiden . Bahkan ada juga peserta dari Banyumas, Jawa Tengah. Mereka menulis harapan dan pesannya untuk Presiden RI ke-7 itu.

Isi suratnya mulai simpati dan minta Presiden bersabar karena sering di-bully oleh lawan politiknya, sudah bekerja tak kenal lelah membangun Indonesia, hingga harapan bisa makan markobar bareng . Ada juga isi surat yang berisi kritik karena buruknya jalan di daerah Lamongan, tempat salah seorang santri tinggal.

Uniknya, semua tulisan pada surat untuk Presiden itu ditulis dengan huruf pegon. Huruf pegon adalah huruf Arab yang dimodifikasi untuk menuliskan bahasa Jawa atau Sunda. Lomba ini diadakan oleh Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) Kota dalam rangka Hari Santri Nasional dan Hari Sumpah Pemuda ke-90.

"Lomba ini kami adakan untuk melestarikan sekaligus mempopulerkan huruf pegon yang selama ini kerap diajarkan di Pondok Pesantren," terang Ketua PC Lesbumi Kota , Hasyim Asy'ari, Minggu (28/10).

Hasyim mengapresiasi para peserta. Sebab, selain mereka piawai menulis huruf pegon, kepedulian mereka terhadap Presiden juga sangat tinggi, karena bagaimanapun Presiden adalah simbol negara.

Selain itu, pihaknya juga mengaku terkejut dengan antusias peserta yang dalam waktu singkat sudah terkumpul 53 peserta. Mereka tak hanya dari kalangan santri atau pondok pesantren, tapi beberapa berasal dari sekolah umum atau pelajar.

"Ternyata tidak hanya santri saja yang bisa menulis pegon, pelajar dari sekolah umum juga bisa. Ini sungguh kenyataan yang menggembirakan," imbuh Hasyim.

Hasyim melanjutkan, nantinya surat-surat itu akan dijilid dan dibukukan untuk kemudian dikirimkan ke Presiden . Harapan para peserta mereka bisa memberikan langsung surat tersebut ke Presiden . Kami akan pikirkan bagaimana jalannya nanti.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO