Dengan Lomba Desa, Tingkatkan Inovasi dan Kesejahteraan Masyarakat

Dengan Lomba Desa, Tingkatkan Inovasi dan Kesejahteraan Masyarakat Bupati Kediri Haryanti Sutrisno menyerahkan penghargaan kepada Kepala Desa paling Inovatif.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Berbagai inovasi dan cara dilakukan untuk memajukan serta mensejahterakan seluruh elemen masyarakat desa. Untuk terus mendorong dan mendukung terwujudnya tujuan tersebut, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) bekerja sama dengan Radar Kediri mengadakan lomba desa se-Kabupaten Kediri.

Lomba desa ini merupakan ajang bagi seluruh desa se-Kabupaten Kediri untuk menunjukkan program maupun inovasi yang diterapkan untuk memberdayakan serta mensejahterakan seluruh warganya. Sebanyak 343 desa dari 26 kecamatan menjadi peserta pada tahun ini. Untuk penilaiannya sendiri sudah dilaksanakan mulai dari bulan Februari-Oktober 2018 yang melibatkan juri dari akademisi, media, DPMPD, dan Bapenda Kab. Kediri.

Lomba desa dibagi menjadi dua, yaitu yang pertama lomba desa yang dinilai dari keseluruhan aspek inovasi dan program yang dilaksanakan dan diambil juara 1 sampai 4. Sedangkan yang kedua yaitu Anugerah Desa yang dibagi-bagi menjadi sub bidang inovasi yang dikategorikan menjadi 11 kategori inovasi.

Lomba desa seperti ini dilaksanakan tidak hanya sebagai ajang untuk memotivasi seluruh desa untuk berprestasi dan menciptakan inovasi-inovasi terbaru, tetapi tujuan utamanya adalah untuk memberdayakan dan mensejahterakan seluruh masyarakat yang dimulai dari warga masyarakat desa.

Waktu yang telah ditunggu-tunggu telah tiba, saat pengumuman dan penyerahan hadiah juara lomba desa dan pemenang inovasi desa tahun 2018. Pengumuman ini dilaksanakan bersamaan dengan acara Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) XV Kabupaten Kediri Tahun 2018 dan Pengundian hadiah SSPD PBB-P2 Tahap II Tahun 2018 yang diselenggarakan di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Rabu (24/10).

Tampak seluruh kepala desa maupun tamu undangan yang mewakili dengan penuh antusias berharap bisa memenangkan lomba desa dan anugerah desa tersebut, dan akhirnya satu per satu peraih juara diumumkan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO