Sekilas Menyimak Khasiat Kelapa Bol dari Pacitan

Sekilas Menyimak Khasiat Kelapa Bol dari Pacitan Sukatno, salah seorang pembudidaya kelapa bol di Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Bagi banyak orang, kelapa muda atau degan selama ini biasanya dimanfaatkan sebagai minuman. Selain daging kelapa yang lembut untuk dimakan, juga airnya sangat segar sebagai pelepas dahaga. Apalagi kalau dicampur dengan air dingin atau es batu, tentu akan menambah citra rasa yang begitu fantastis.

Namun berbeda dengan kelapa wulung, atau masyarakat di Pacitan jamak menyebutnya dengan kelapa bol. Kenapa disebut dengan nama bol? Sebab ujung kelapa memang menyerupai dubur ayam. Uniknya lagi saat dibuka kulit luarnya, serabut kelapa berwarna merah atau pink.

"Kelapa ini memang unik dan langka. Sebab selama delapan tahun, hanya ada 33 pohon yang berhasil saya temukan. Mayoritas pohon kelapa itu berlokasi di Kecamatan Pacitan, tepatnya di Kelurahan Sidoharjo," ujar Sukatno, salah seorang pembudidaya kelapa bol yang konon memiliki khasiat penyembuhan beragam penyakit, Kamis (25/10).

Menurut pria yang akrab dipanggil Katno Brewok ini, selain di Kelurahan Sidoharjo, kelapa bol juga pernah ditemukan di seputaran Desa Sambong, itu pun hanya tiga pohon.

"Selain itu juga tersebar di beberapa desa di kecamatan luar, seperti di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Desa Tinatar dan Gondosari, Kecamatan Punung, dan Desa Mlati, Kecamatan Arjosari. Namun rata-rata paling banyak hanya lima pohon," jelasnya.

Untuk mendapatkan satu biji kelapa bol, Katno mengungkapkan memang tidaklah mudah. Sebab pemanjat harus ekstra hati-hati agar kelapa tidak sampai jatuh ketanah. Karena itu jangan kaget, kalau sebiji kelapa bol bisa dijual seharga Rp 20 ribu.

"Kelapa jangan sampai jatuh ke tanah. Sebab kalau sampai jatuh, molekulnya akan berubah sebagai dampak gravitasi bumi. Sehingga khasiatnya akan hilang ketika digunakan untuk pengobatan penyakit," beber dia.

Katno menuturkan, kelapa bol memang sangat ampuh untuk melunturkan batu ginjal. Selain juga bisa untuk penyembuhan penyakit lambung karena mengandung serat tinggi dan juga baik untuk mencegah munculnya jerawat bagi kulit wajah berminyak. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO