420 KPM PKH di Bancar Terima Pelatihan Pembuatan Es Krim

420 KPM PKH di Bancar Terima Pelatihan Pembuatan Es Krim Para KPM PKH saat mengikuti pelatihan pembuatan es krim.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 420 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan () di Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban menerima pelatihan pembuatan es krim dari Kelompok Usaha Bersama (Kube) Berkah Mandiri. Selain pembuatan es krim, Berkah Mandiri juga meresmikan bank sampah dan menggelar agenda santunan yatim piatu secara rutin.

Pendamping Berkah Mandiri Kecamatan Bancar, Slamet Riady kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (14/10) mengatakan, pelatihan pembuatan es krim yang memanfaatkan bahan buah lokal ini diselenggarakan selama dua hari di 9 desa yang ada di wilayah Kecamatan Bancar. Sembilan desa itu yakni Desa Margosuko, Bancar, Sembungin, Ngujuran, Tengger Kulon, Jatisari, Kayen, Sumberan, dan Siding.

Mereka diberi pelatihan mampu menciptakan wirausaha mandiri. Sehingga, menjadi pengusaha dan keluar dari bantuan serta bisa mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Tuban.

"Acara ini digelar selama dua hari, dan saat acara pembukaan di Desa Margosuko dibuka oleh pak Camat Bancar," ujar Slamet.

Adapun pembiayaan pelatihan ini dilakukan secara mandiri oleh Kube Berkah Mandiri. "Ini memang komiten para pengurus pendamping Kecamatan Bancar. Harapannya, setelah mengikuti pelatihan para peserta dapat mengaplikasikan dan dapat menjadi wirausahawan sehingga bisa mandiri," katanya.

Selain pelatihan pembuatan es krim, kini setiap desa juga memilki bank sampah yang nantinya untuk menunjang kehidupan peserta . Diharapkan, peserta dapat memanfaatkan bank sampah tersebut. Sehingga, masyarakat akan mendapatkan keutungan yang lebih dari pemanfaatan bank sampah. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO