Audiensi DD Ditolak, Gabungan LSM se-Pasuruan Rencanakan Demo Camat Wonorejo

Audiensi DD Ditolak, Gabungan LSM se-Pasuruan Rencanakan Demo Camat Wonorejo

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Beberapa pentolan lembaga swadaya masyarakat (LSM) se-Kabupaten/Kota Pasuruan yang tergabung dalam Forum Komunikasi (Forkom) LSM, akan segera mengagendakan aksi unjuk rasa di depan kantor Kecamatan Wonorejo dan kantor Kejaksaan Pasuruan.

Hanan selaku pengurus LSM Penjara Wilayah Jawa Timur membenarkan rencana tersebut. "Ini masih rapat mas, mungkin Rabu (3/10) nanti kita demo," ujar Hanan kepada BANGSAONLINE.com via WhatsApp, Minggu (30/9).

Menurutnya, keputusan aksi unjuk rasa ini diambil karena Camat Wonorejo selaku pimpinan dinilai bertindak tak sesuai tupoksinya sebagai camat. Yakni, karena camat dinilai tidak menggubris permintaan hearing yang diajukan oleh Forkom LSM terkait penggunaan DD (Dana desa) di desa Karangasem, serta desa lainya di wilayah kecamatan Wonorejo.

Lukman Hakim selaku pentolan LSM Garda Pantura mewakili para aktivis pegiat pemerintahan, saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa dalam aksi demo nanti pihaknya menuntut agar Camat Wonorejo menggunakan tupoksi serta kapasitasnya sebagai ASN dengan sebaik-baiknya.

“Sebagai contoh pengadaan neon box di desa-desa se-Kecamatan Wonorejo yang diduga dikoordinir oleh Camat Wonorejo dengan harga fantastis, yaitu 16 juta rupiah,“ ucap Lukman Hakim. “Camat Wonorejo juga diduga membiarkan ada perangkat Desa Karangasem yang bermasalah dengan legalitas ijazahnya dan SK pengangkatan yang tidak melalui prosedur yang benar,“ tegas Lukman.

Aksi damai nanti juga akan mendesak agar Kejaksaan Negeri Bangil untuk mengawal beberapa kasus penyalahgunaan Dana Desa yang mandek tanpa diketahui perkembangannya.

Pertemuan itu digelar siang tadi (30/9) sekitar pukul 13.00 WIB, di warung lesehan Bu Anis Ranggeh. Dari pantauan BANGSAONLINE.com, sejumlah perwakilan LSM yang hadir selain Hanan dan Lukman, adalah Kusuma dari LSM Surapati, Ashari dari LSM GMBI, Saiful Rizal dari DPC LSM Penjara Indonesia Kabupaten Pasuruan, serta terlihat juga beberapa tokoh lain dari kalangan media. (afa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO