Curi Kopi Kapal Api Spesial Mix 60 Karton, Warga Taman Sidoarjo Diciduk Polisi

Curi Kopi Kapal Api Spesial Mix 60 Karton, Warga Taman Sidoarjo Diciduk Polisi

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Buron selama 8 bulan, Erick Syaiful Maulana (36), karyawan PT Santos Jaya Abadi asal Desa Sambibulu, Kec. Taman yang diduga mencuri satu palet berisi 60 karton kopi kapal api spesial mix, berhasil dibekuk Unit Reskrim Polsek Taman.

Kapolsek Taman Kompol H. Samirin mengatakan modus pencurian yang dilakukan oleh sopir forklift itu, palet yang berisi 60 karton kopi kapal api spesial mix, diangkut dengan menggunakan kendaraan forklift milik perusahaan PT Santos Jaya Abadi, yang dipinjam dari temannya Riyanto.

Erick beralasan forklift itu untuk memindah barang dari gudang A ke gudang B. Aksi pencurian itu dilakukan pada saat pergantian shift waktunya pelaku pulang.

Tanpa sepengetahuan pengawas dan tanpa perintah dari pimpinan, satu palet (60 karton) kopi kapal api spesial Mix tersebut dibawa keluar dari gudang menuju ke tempat parkir truk ekspedisi.

"Barang itu dititipkan bersamaan dengan barang yang siap kirim oleh sopir truk yang akan keluar. Oleh pelaku, truk yang dititipi barang itu kemudian ditunggu di bawah jembatan layang Trosobo," katanya Kamis (27/9).

Samirin menambahkan, sopir truk yang dititipi barang juga diberi uang upah senilai Rp 300 ribu usai barang curian yang dititipkan diambil atau diturunkan. 

"Satu palet yang diturunkan oleh pelaku kemudian dipindahkan ke mobil sewaan dan barang kemudian diecer dengan harga murah di pinggir jalan," ungkap mantan Kanit Reskrim Polsek Waru itu.

Uang senilai Rp 4 juta dari hasil penjualan kopi eceran itu, diakui oleh pelaku dibuat untuk melunasi hutang dan beli pakaian bersama keluarga. "Uangnya sudah habis saya buat untuk menutupi hutang dan kebutuhan keluarga," kata Erick.

Pria yang terancam Pasal 363 ayat (1) KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan itu juga membenarkan usai melakukan kejahatan awal bulan 2018 itu, lansung kabur melarikan diri ke luar Pulau Jawa.

"Saya di Samarainda tempat pelarian jualan kecil-kecilan. Karena tidak betah tinggal disana, saya pulang dan ditangkap polisi," aku bapak satu anak itu. (cat/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Pencurian Sepeda Motor di Krian Sidoarjo Terekam CCTV, Pelaku Mengenakan Seragam Ojol':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO