Selasa, 25 September 2018 23:00

Sengketa Pasar Tulakan Pacitan: Pemkab Pastikan Kasasi, Penggugat Siap Hadapi Bupati

Jumat, 14 September 2018 12:49 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Sengketa Pasar Tulakan Pacitan: Pemkab Pastikan Kasasi, Penggugat Siap Hadapi Bupati
Sugiharto, wakil para penggugat.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab Pacitan memastikan bakal menyampaikan memori kasasi atas putusan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Surabaya yang memenangkan Sugiarto Cs dalam kasus sengketa lahan Pasar Tulakan. Hal itu disampaikan Kukuh Setyarto, Kabag Hukum Setkab Pacitan, Jumat (14/9).

Kukuh menegaskan upaya hukum ke tingkat kasasi dilakukan sebagaimana petunjuk Bupati Pacitan, Indartato. "Hari ini kami telah menghadap Bupati selaku pihak tergugat. Petunjuk beliau, Pemkab tetap akan menempuh upaya kasasi," jelas dia.

Pada kesempatan tersebut, pejabat eselon III a ini memastikan memori kasasi atas kasus sengketa lahan pasar Tulakan akan disampaikan ke Mahkamah Agung (MA), Senin pekan depan.

Sementara itu, wakil pihak penggugat, Sugiharto, menyatakan kesiapannya untuk menghadapi rencana kasasi yang hendak disampaikan para tergugat (Bupati Pacitan, cs). Namun, ia meminta agar para tergugat konsekuen dengan apa yang pernah disampaikan saat bernegosiasi dengan pihak BPN.

"Kalau BPN kalah, BPN diminta tidak banding. Sebaliknya, kalau pemkab kalah, ya mestinya juga konsekuen," sindir Sugiharto. 

Diberitakan sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Tinggi Surabaya memenangkan Sugiharto Cs atas upaya banding yang dilakukan tim kuasa hukum Pemkab Pacitan dalam kasus lahan sengketa Pasar Tulakan. Dalam putusannya, majelis hakim menyatakan bahwa Sugiharto dkk merupakan pemilik sah lahan yang disengketakan dibuktikan dengan sertifikat hak milik (SHM) No 5 Tahun 1967. (yun/ns)

Suparto Wijoyo
Senin, 17 September 2018 22:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEMOKRASI sejak mulanya adalah kerumunan yang meneguhkan kekuatan tanda kuasa sedang digumpalkan. Rakyat terlibat langsung untuk mengatur penyelenggaraan negara kota (polis) yang skala kepentingan maupun wilayahnya tidak seleba...
Selasa, 11 September 2018 13:55 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Cukup jelas pesan ayat studi ini, bahwa Allah SWT pasti menyayangi hamba-Nya yang mau be...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 22 September 2018 10:49 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Minggu, 16 September 2018 18:57 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Wisata susur sungai sekarang sudah ada di Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Destinasi wisata susur sungai bernama Wisata Tubing ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebuda...