Sengketa Pasar Tulakan Pacitan: Pemkab Pastikan Kasasi, Penggugat Siap Hadapi Bupati

Sengketa Pasar Tulakan Pacitan: Pemkab Pastikan Kasasi, Penggugat Siap Hadapi Bupati Sugiharto, wakil para penggugat.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab Pacitan memastikan bakal menyampaikan memori kasasi atas putusan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Surabaya yang memenangkan Sugiarto Cs dalam kasus sengketa lahan Pasar Tulakan. Hal itu disampaikan Kukuh Setyarto, Kabag Hukum Setkab Pacitan, Jumat (14/9).

Kukuh menegaskan upaya hukum ke tingkat kasasi dilakukan sebagaimana petunjuk Bupati Pacitan, Indartato. "Hari ini kami telah menghadap Bupati selaku pihak tergugat. Petunjuk beliau, Pemkab tetap akan menempuh upaya kasasi," jelas dia.

Pada kesempatan tersebut, pejabat eselon III a ini memastikan memori kasasi atas kasus sengketa lahan pasar Tulakan akan disampaikan ke Mahkamah Agung (MA), Senin pekan depan.

Sementara itu, wakil pihak penggugat, Sugiharto, menyatakan kesiapannya untuk menghadapi rencana kasasi yang hendak disampaikan para tergugat (Bupati Pacitan, cs). Namun, ia meminta agar para tergugat konsekuen dengan apa yang pernah disampaikan saat bernegosiasi dengan pihak BPN.

"Kalau BPN kalah, BPN diminta tidak banding. Sebaliknya, kalau pemkab kalah, ya mestinya juga konsekuen," sindir Sugiharto. 

Diberitakan sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Tinggi Surabaya memenangkan Sugiharto Cs atas upaya banding yang dilakukan tim kuasa hukum Pemkab Pacitan dalam kasus lahan sengketa Pasar Tulakan. Dalam putusannya, majelis hakim menyatakan bahwa Sugiharto dkk merupakan pemilik sah lahan yang disengketakan dibuktikan dengan sertifikat hak milik (SHM) No 5 Tahun 1967. (yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO