Senin, 26 Agustus 2019 10:49

Pasar Minulyo Pacitan Masih Tanpa Amdal Lalin dan Dokumen Lingkungan

Rabu, 03 Juli 2019 10:52 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Pasar Minulyo Pacitan Masih Tanpa Amdal Lalin dan Dokumen Lingkungan
Kabid Tata Lingkungan DLH Pacitan, H. Ari Priyambodo. foto: Yuniardi Sutondo/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sudah bertahun-tahun beroperasi, keberadaan pasar tradisional Minulyo Pacitan tak segera dilengkapi dokumen lingkungan.

Bukan hanya itu saja, pasar yang pernah diresmikan Presiden kelima RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut, juga belum memiliki amdal lalu lintas, sekalipun lokasi pasar berada di sepanjang jalan nasional yang ada di Pacitan.

Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat Ari Priyambodo mengaku Pasar Minulyo Pacitan belum memiliki dokumen lingkungan. 

"Kami ini hanya pasif saja. Kalau ada yang mengajukan ya kita layani. Kami nggak bisa ngurak-urak, sebab nggak ada kewenangan   isitu. Termasuk juga di Pasar Minulyo yang memang sampai detik ini belum memiliki dokumen lingkungan," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/7).

Diakui Ari, belum lama ini memang ada tinjau lapangan dari Bidang Pengawasan dan Pengendalian (wasdal) ke Pasar Minulyo. Di situ mereka memang menemukan sudah adanya bangunan IPAL sederhana, namun sudah banyak mereduksi polusi bau.

"Polusi bau memang banyak berkurang. Akan tetapi dokumen lingkungan itu bukan hanya soal polusi bau, namun ada lima poin yang diatur di dalam dokumen lingkungan tersebut. Yaitu udara, air, tanah, sosial ekonomi, dan sosial kemasyarakatan," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyinggung ancaman virus Hepatitis A yang saat ini menyerang hampir 1000 orang di Pacitan. Menurutnya, virus itu berpotensi menyebar lewat pasar.

"Sebab pasar itu merupakan tempat berkumpulnya massa, antara pedagang dan pembeli. Ini juga perhatian serius, apalagi belum adanya kelengkapan dokumen lingkungan yang mengatur lima poin tersebut," urainya seraya mengimbau agar paguyuban pasar bisa segera mengajukan permohonan dokumen lingkungan.

Di lain tempat, Kasie Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Pacitan Agus Winarno membenarkan belum adanya amdal lalin di Pasar Minulyo. "Seharusnya segera dilengkapi, sebab pasar itu berada di jalan nasional. Yang lebih berwenang itu Bidang Pasar Dinas Perindag. Coba konfirmasi ke sana saja," terang Agus.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Djoko Harjanto menambahkan, bahwa selama ini produksi sampah di Pasar Minulyo sudah dikelola secara baik dan benar.

Hanya saja, lanjut dia, masih perlu peningkatan sarana dan prasarananya. "TPS 3R yang ada sudah waktunya ditingkatkan. Baik gedung pengomposan, maupun peralatan pupuk organik," tandas Djoko. (yun/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...