Puluhan Hektar Lahan Hutan di Pacitan Dilalap Si Jago Merah

Puluhan Hektar Lahan Hutan di Pacitan Dilalap Si Jago Merah Kondisi hutan yang tengah dilalap api. foto: Julian Tondo/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kebakaran hutan kembali terjadi di Pacitan. Sedikitnya 10 hektar lahan hutan hak yang berlokasi di Desa Kebondalem, Kecamatan Tegalombo, ludes dilalap si jago merah. Sejauh ini belum diketahui secara pasti apa penyebab kebakaran tersebut.

Menurut Kabid Damkar Satpol PP Pemkab Pacitan, Bambang, lahan yang terbakar itu milik 10 warga yang tersebar di beberapa lokasi yang berhimpitan. 

"Sedikitnya ada sepuluh hektar lahan perkebunan milik sepuluh warga di Desa Kebondalem, Kecamatan Tegalombo, terbakar. Kejadiannya sekitar pukul 08.00 WiIB, Kamis (30/8) pagi," ujarnya.

Menurutnya, musibah kebakaran itu berawal dari kobaran api yang terjadi di lahan milik Sunar. Kemudian api terus menjalar ke lahan yang lokasinya berdekatan. Bahkan hingga dua jam setelah terjadinya kebakaran, api masih sulit dijinakkan. 

"Warga langsung melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Tegalombo," tutur Bambang.

Meski api sempat membesar, namun beruntung tak sampai ke kawasan permukiman. Api berhasil dipadamkan oleh warga dengan peralatan seadanya.

"Bara api masih menyala di bukit. Warga diimbau tetap waspada, mengingat hembusan angin masih cukup kencang. Dikhawatirkan bara akan kembali menjadi nyala api," tandasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO