Semen Indonesia Bantu Alat Hadrah TPQ di Tuban

Semen Indonesia Bantu Alat Hadrah TPQ di Tuban Kepala Biro Hubungan Media SI, Sigit Wahono (kiri baju batik) saat penyerahan bantuan alat hadrah kepada TPQ At-Thoiriyyah.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesenian dan kebudayaan, (Persero) Tbk memberikan bantuan alat hadrah pada TPQ At-Thoiriyyah Jatirogo Tuban yang diserahkan Kabiro Hubungan Media, Sigit Wahono pada Pembina TPQ At-Thoiriyyah, KH Abdul Muchith, Jumat (24/8).

Menurut Sigit, saat ini musik hadrah mulai tersisihkan oleh kesenian modern. Kesenian modern yang masuk banyak dipengaruhi budaya luar yang cukup memiliki perbedaan konsep dan budaya dengan bangsa Indonesia.

"Untuk itu, dibutuhkan pelaku seni tradisional yang mampu mengangkat moral, sehinggga dapat menyeimbangkan kesenian yang ada saat ini," ujar dia.

Karena itu, Sigit menilai musik hadrah patut dilestarikan. Selain karena sebagai budaya daerah, musik hadrah menjadi sarana syiar agama Islam melalui musik. Karena itu, dengan diserahkannya bantuan alat hadrah, perusahaan berharap pembelajaran kesenian hadrah dan bershalawat menjadi kegiatan rutin bagi santri.

"Dengan alat hadrah yang diterima TPQ At-Thoiriyyah menjadikan TPQ tersebut semakin berkembang," paparnya.

Sementara Pembina TPQ At-Thoiriyyah, KH Abdul Muchith, mengapresiasi pemberian bantuan oleh (Persero) Tbk. Menurut dia, kepedulian Semen Indonesia sebagai perusahaan milik negara terhadap kesenian, kebudayaan patut dicontoh perusahaan lainnya.

Dia mengatakan, saat ini TPQ At-Thoiriyyah memiliki 140 santri berbagai umur dari wilayah desa Pesayen Kecamatan Jatirogo, Tuban. Dalam keseharian, untuk belajar kesenian, alat hadrah santri harus bergantian dan meminjam dari masjid desa maupun pondok pesantren (Ponpes) yang ada di wilayahnya berjarak 2 km.

“Dengan bantuan ini, para santri akan dimudahkan dalam belajar musik hadrah. Kami berharap kreativitas dan produktivitas kesenian santri meningkat,” pungkasnya. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO