Antisipasi Kelangkaan Gas 3 Kg di Jember, Pertamina Rayon VII Pasok 211.480 Tabung

Antisipasi Kelangkaan Gas 3 Kg di Jember, Pertamina Rayon VII Pasok 211.480 Tabung  Ilustrasi gas elpiji 3 kg. Foto: dok

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Adanya keluhan dari masyarakat terkait kosongnya gas subsidi 3 kilogram di pasaran Kabupaten , langsung mendapat tanggapan dari M. Ali Akbar Felayati, Sales Executive LPG Rayon VII. Dia mengatakan, tak ada kelangkaan gas epiji 3 kilogram. Bahkan untuk menjamin kebutuhan konsumen, pihaknya justru menambah pasokan untuk seluruh daerah.

Lebih lanjut Ali menjelaskan, saat ini penyaluran LPG (elpiji) 3 kg di Kabupaten per hari rata-rata sekitar 64.153 tabung. Menurutnya, penyebab adanya kenaikan konsumsi LPG 3 kg yaitu untuk kegiatan pengairan, perternakan, serta adanya musim haji di mana banyak masyarakat yang tasyakuran haji dan hari raya Idul Adha yang berbarengan di bulan Agustus.

"Penambahan pasokan elpiji 3 kg ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi elpiji yang meningkat khususnya dalam kebutuhan memasak pada hari raya Idul Adha," kata Ali Akbar.

Guna mengatisipasi terjadinya kelangkaan, Rayon VII akhinya melakukan penambahan LPG 3 kg sebanyak 113.000 ribu tabung, yang dimulai sejak tanggal 1 sampai 17 Agustus. Mulai tanggal 22 sampai 30 Agustus 2018 ada penambahan lagi sekitar 98.480 tabung.

"Untuk menjaga kondusifitas, meskipun pada hari Minggu pihaknya tetap akanmelakukan distribusi elpiji kepada masyarakat," jelas Ali.

Disamping itu, Ali juga mengimbau kepada masyarakat untuk memperoleh LPG 3 Kg. Pihaknya menyarankan agar masyarakat membelinya di pangkalan atau pun SPBU dengan stok tersedia dan harga yang sesuai HET setempat.

"Ada pun untuk pasokan dan harga LPG di tingkat pengecer tidak dapat dikontrol karena pengecer bukan lembaga penyalur resmi ,” tambah Ali Akbar.

Selin itu, Ali Akabar juga menjelaskan bahwa sesuai dengan peraturan pemerintah, elpiji 3 kg diperuntukkan bagi masyarakat miskin dan rentan miskin, serta usaha kecil menengah (UKM).

“Oleh karena itu, Kami mengimbau kepada masyarakat yang mampu. Seharusnya mereka tidak menggunakan LPG bersubsidi agar mereka segera menggunakan LPG non subsidi yang telah disediakan , yakni Bright Gas 5,5 kg dan 12 kg yang sudah tersedia,” tuturnya. (yud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO