DPT Pacitan untuk Pileg 2019 Diperkirakan Bertambah Sekitar 8.000 Jiwa

DPT Pacitan untuk Pileg 2019 Diperkirakan Bertambah Sekitar 8.000 Jiwa Damhudi, Ketua KPU Pacitan. foto: YUNIARDI/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Jumlah pemilih di dalam pemilu legislatif tahun 2019 diperkirakan bakal mengalami kenaikan cukup signifikan dibandingkan pada Pilgub Jatim lalu. KPU setempat memperkirakan ada kenaikan sekitar 8 ribu pemilih sampai pleno penetapan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) pada 20 Agustus nanti.

Ketua KPU Damhudi mengatakan, hasil pleno DPSHP, Rabu (14/8) kemarin, sudah ditemukan angka sebesar 466.061 jiwa. Jumlah tersebut selisih sekitar 6 ribu jiwa dibandingkan saat Pilgub Jatim lalu yang tercatat sebanyak 460.102 jiwa.

"Jumlah tersebut dimungkinkan masih terus bertambah. Sebab pleno penetapan DPSHP baru akan dilaksanakan tanggal 20 Agustus nanti," ujarnya, Kamis (16/8).

Menurut Damhudi, sampai dilaksanakannya pleno nanti dimungkinkan masih ada penambahan sekitar 2 ribu jiwa lagi. Sebab merujuk database kependudukan, jumlah penduduk yang berusia 17 tahun pada tanggal 17 April 2019 nanti cukup banyak.

Mantan aktivis LSM internasional ini mengungkapkan bahwa kenaikan pemilih memang didominasi oleh pemilih pemula dan pemilih pindah datang. Untuk pemilih pemula diperkirakan mencapai hampir tiga ribuan lebih. Sedangkan lainnya, pemilih pindah datang. "Kenaikan itu masif tersebar di 12 kecamatan yang ada di ," tandas Damhudi. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO