Kamis, 18 April 2019 22:18

Bupati Malang Buka Workshop Tata Kelola Dana Desa

Senin, 13 Agustus 2018 17:45 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Tuhu Priyono
Bupati Malang Buka Workshop Tata Kelola Dana Desa

MALANG, BANGSAONLINE.com - Workshop Hasil Evaluasi Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes dibuka Bupati Malang Rendra Kresna di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Senin (13/8)

Workshop diikuti oleh para kepala desa dan para camat se-Kabupaten Malang. Kegiatan yang berlangsung selama tiga jam itu menghadirkan sejumlah pembicara di antaranya Romli M. Sihombing (Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP) dan Eduard (Auditor KPK).

Workshop kali ini mengambil tema, “Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa yang Partisipatif, Transparan dan Akuntabel dengan Menggunakan Aplikasi Siskeudes."

Sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka sebagai tindaklanjutnya juga telah dilaksanakan berbagai program kebijakan dari tingkat pusat hingga daerah, termasuk salah satunya menjadi fokus perhatian adalah berkaitan dengan Dana Desa.

"Dana Desa di Kabupaten Malang, dalam pengelolaan dan pemanfaatannya terus diupayakan agar benar-benar efektif dan tepat sasaran," ucapnya.

Sebagai informasi, untuk Tahun Anggaran 2018 ini telah ditetapkan dengan Peraturan Bupati Malang Nomor 7 Tahun 2018 tentang Besaran dan Prioritas Penggunaan Dana Desa TA 2018. Di mana secara rata-rata untuk masing-masing desa di Kabupaten Malang mendapatkan dana sebesar Rp 831.257.429,-, dengan alokasi tertinggi diterima Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang sebesar Rp 1.167.989.000,- dan terendah diterima Desa Suwaru, Kecamatan Pagelaran sebesar Rp 682.836.000.

Ia berharap aplikasi Siskeudes ini dapat diterapkan dengan baik oleh semua desa di wilayah ini. Selain dalam rangka untuk memaksimalkan pengelolaan, menjadikan keuangan desa semakin akuntabel dan transparan, mengakselerasi pencapaian target pembangunan.

"Diminta kepada seluruh masyarakat desa untuk berpartisipasi aktif mengingat mereka menjadi komponen mayoritas," jelasnya.

Dia juga mengajak, semua perangkat desa untuk terus berinovasi untuk kemajuan, mungkin menjadi representasi yang menarik guna memacu semangat semua untuk terus berupaya maksimal meraih cita-cita dan kesuksesan bersama.

Melalui workshop ini, tentu akan sangat bermanfaat dalam rangka menyamakan visi diantara para aparatur sehingga dalam pelaksanaannya tidak terdapat penyimpangan dan dapat saling menyokong sebagai sebuah kesatuan pelaksana pembangunan di Kabupaten Malang. 

"Mari kita manfaatkan momentum ini agar nantinya pembangunan kawasan perdesaan di Kabupaten Malang dapat berjalan sesuai harapan," turupnyai. (thu/ian)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...