Lestarikan Budaya Leluhur, Paguyuban Songgo Sukmo Bangkalan Gelar Jemparingan

Lestarikan Budaya Leluhur, Paguyuban Songgo Sukmo Bangkalan Gelar Jemparingan Ketua DPRD Kabupaten Bangkalan Imron Rasyid saat mencoba memanah Jemparingan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Panguyuban Songgo Sukmo Bangkalan menggelar lomba Panahan Tradisional (Jemparingan) Bangkalan di areal Pekemahan Kampung Langgundi, Desa Keramat, Kabupaten Bangkalan, Minggu (5/8/2018).

Acara itu digelar dalam rangka memperingati Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-73 serta 3 tahun berdirinya Sunggo Sukma Bangkalan. 

Rachmat, ketua Paguyuban Songgo Sukmo menjelaskan bahwa Jemparingan (panahan) ini adalah budaya leluhur Nusantara sejak zaman Kerajaan Mataram. Jemparingan bagian dari keahlian yang wajib dimiliki bagi para prajurit atau Ksatria agar dapat mampu menjaga wilayah kekuasaanya dari ancaman atau seragan dari musuh.

"Kalau di pasukan sekarang snipernya, karena hanya prajurit tertentu atau keluarga Bangsawan yang memiliki keahlian Jemparingan," kata Rachmat.

Bedanya dengan panahan moderen Rachmat menjelaskan, yakni dari mekanismenya. Kalau panahan modern memanah dengan berdiri, sementara jemparing dengan cara duduk.

"Bedanya, pria duduk bersila, wanita duduk dengan menyerong. Dan dari sisi custom peserta wajib memakai pakai adat dan blangkon untuk pria," tambahnya.

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO