Dinkop dan UMKM Banyuwangi Gelar Pelatihan Membatik di Kalipuro

Dinkop dan UMKM Banyuwangi Gelar Pelatihan Membatik di Kalipuro Ibu-ibu di Kelurahan Kalipuro, Banyuwangi saat mengikuti pelatihan membatik.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Dinas Koperasi dan UMKM mengadakan kegiatan pembinaan dan pelatihan keterampilan membatik di Kelurahan Kalipuro, Rabu (1/8/2018).

Dalam pelatihan yang diikuti oleh puluhan ibu dari warga setempat ini, pihak dari bidang usaha mikro mendatangkan pemateri yang ahli di bidang membatik, yakni Firman Sauqi. Motif batik yang diajarkan dalam pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari ini adalah motif khas batik Osing .

Kasi Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UMKM  Budi Pringgo Cahyono berharap, kegiatan ini bisa memberikan impact kesejahteraan perekonomian untuk warga setempat.

"Agar nantinya, setelah kegiatan pelatihan ini ibu-ibu warga setempat bisa dapat memunculkan usaha home industri batik sendiri dan maupun berdirinya kelompok sentra usaha batik di wilayah Kelurahan Kalipuro," jelasnya.

Pihaknya mengaku, pelatihan membatik semacam ini sekarang sedang menjadi trend yang dikembangkan untuk memunculkan industri kreatif.

Hal senada disampaikan Lurah Kalipuro, Slamet Suryono. Dengan adanya pelatihan membatik itu, ia berharap nantinya warga bisa membentuk kelompok usaha setra batik di wilayahnya. "Sehingga nantinya dapat menikatkan pertumbuhan kualitas perekonomian warga Kami," imbuhnya. (gda/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO