Bentuk Posyandu Jiwa untuk ODGJ, Liana: Jangan Pernah Panggil Gila

Bentuk Posyandu Jiwa untuk ODGJ, Liana: Jangan Pernah Panggil Gila Liana rela memotong rambut penderita ODGJ.

Memberi tak harus kaya. Tak harus jadi hebat. Juga tak harus jadi pegawai negeri. Modalnya, cuma hati! Hati yang luas untuk berbagi. 

Hati yang lembut untuk mengasihi. Juga, hati yang lapang. Setelah itu, Allah will paid, what you've done.

--

Itu prinsip teguh Liana. Begitu pun perhatiannya kepada penderita gangguan jiwa. Programnya, mulai terespon. Target penurunan angka cedera dan relaps, melalui pelayanan jiwa terpadu dan berkelanjutan, mulai menampakkan hasil.

Dengan timnya, Liana pun mulai mengekspansi programnya: membentuk kader jiwa tiap desa. Awalnya, hanya tiga orang tiap desa. Kini, kader itu menjadi lima orang di tiap desa. Sementara wilayah kerja Puskesmas Dongko, ada lima desa. Total kader jiwa; 25 orang.

“Kami dibantu program lain, seperti Prokesmas dan Promkes. Semua program itu diintegrasikan dengan kegiatan di Puskesmas Dongko. Setiap kegiatan di Puskesmas Dongko, kami share di youtube, facebook Puskesmas maupun facebook pribadi. Sekarang, semua pegang Medsos. Semua informasi mudah diakses,” ujarnya.

Dari situ, informasi pun mengalir. Termasuk, jumlah penyandang gangguan jiwa atau . Di wilayah kerja Puskesmas Dongko, penderita berat, tahun 2015 sebanyak 54 orang. 2016, naik menjadi 57 orang. Tahun lalu, naik lagi menjadi 115 orang. Dan hingga Juli tahun ini, jumlahnya naik menjadi 156 orang.

Melihat fenomena itu, tim harus bekerja keras. Juga siap dipanggil 24 jam. “Suami serta anak-anak saya, sangat mensupport. Kami sering dipanggil malam hari, karena mungkin pasien telat minum obat sehingga kambuh,” katanya.

Liana punya pengalaman menarik soal itu. Ketika merawat pasien berusia 34 tahun yang tengah hamil. Dia tak boleh minum sembarang obat karena hamilnya. Inilah yang menyebabkan pasien itu selalu kambuh saat hamil, karena berhenti minum obat.

Lihat juga video 'ODGJ di Rawangmangun Bakar Dua Sepeda Motor':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO