Jumat, 29 Mei 2020 07:33

Wabup Pungkasiadi Terima Rombongan Penmas Ubaya

Kamis, 28 Juni 2018 18:12 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Wabup Pungkasiadi Terima Rombongan Penmas Ubaya
Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi (kiri) dalam satu kegiatan.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi, menerima tim rombongan program pengabdian masyarakat (penmas) Universitas Surabaya (Ubaya), di ruang Satya Bina Karya, Rabu (28/6). 

Kunjungan itu terkait Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Desa Eko Wisata Perhiasan Perak Batan Krajan. 

"Pemerintah Kabupaten Mojokerto mengapresiasi dan terimakasih pada tim Ubaya, karena telah menjadikan Kabupaten Mojokerto khususnya Desa Batan Krajan menjadi tujuan PPDM. Sebisa mungkin program ini harus berkesinambungan dan bersinergi," kata wabup dalam sambutannya.

Dalam beberapa tahun terakhir, ekonomi cenderung melambat. Adanya kegiatan ekonomi baru, diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja.

"Upaya penciptaan aktivitas ekonomi baru, dapat dilakukan dengan pengembangan UMKM bebasis ekonomi kreatif. Namun diperlukan juga inovasi dan kreatifitas di tubuh UMKM khususnya sektor industri kerajinan, agar mendongkrak ekonomi," tambahnya.

Ketua LPPM Ubaya, Anton Anggoro, dalam sambutannya menerangkan bagaimana agar capaian program ini bisa berhasil dengan menggunakankan sebuah pendekatan.

"Saat ini Desa Batan Krajan menjadi sasaran untuk dijadikan desa ekowisata khususnya pada kerajinan perak. Tentu saja untuk mencapainya, perlu sebuah pendekatan yakni triple helix (perusahaan, pemerintah dan lembaga akademis) untuk kerjasama," jelas Anton.

Selanjutnya Kumaru Sadama Putra selaku Ketua PPDM, menerangkan jika kerajinan perhiasan perak Batan Krajan merupakan ujung tombak pembuka pintu gerbang meningkatkan wisata dan perekonomian masyarakat.

"Dengan menjadikan Desa Batan Krajan sebagai desa ekowisata, terbuka pula peluang lapangan usaha dan penghasilan untuk masyarakat desa," papar Kumaru. (yep/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...