Rabu, 21 April 2021 14:57

Geliatkan Pariwisata, Desa Randuboto Gresik Launching 'Kapal Pesiar'

Jumat, 22 Juni 2018 20:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Geliatkan Pariwisata, Desa Randuboto Gresik Launching
'Kapal Pesiar' yang siap membawa anda menyusuri sungai Bengawan Solo.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Desa Randuboto Kecamatan Sidayu melaunching 'Kapal Pesiar' untuk menyusuri sungai Bengawan Solo yang melintasi desa setempat, Jumat (22/6/2018).

Launching ini dihadiri Wabup Gresik Moh. Qosim, Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Jazilul Fawaid SQ, Kades Randuboto Andhi Sulandra, dan sejumlah pejabat Pemkab Gresik. Meski bukan kapal pesiar dalam arti yang sebenarnya alias hanya kapal wisata, namun acara ini cukup menyedot perhatian besar masyarakat Randuboto dan sekitar.

Dalam sambutannya, Moh Qosim menyatakan bahwa launching kapal ini merupakan bagian upaya untuk menggeliatkan obyek wisata. 

"Saat ini sejumlah daerah, sejumlah negara yang kandungan kekayaan alamnya seperti minyak dan gas bumi habis, saat ini beramai-ramai beralih menggeliatkan objek wisata untuk sumber pendapatan. Termasuk Kabupaten Gresik, saat ini juga tengah konsen menggeliatkan obyek wisata untuk sumber pendapatan, baik Pendapatan Asli Daerah (PAD), maupun pendapatan desa," katanya.

BACA JUGA : 

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Kunjungi Wisata Alam Setigi Gresik

Wisata Setigi Sekapuk Gresik Tambah Wahana Kolam Banyu Gentong

Kades Sekapuk, Sang Inisiator Setigi Raih Penghargaan The Most Excellent Figure

​Setigi, Wisata Desa Miliarder Gresik, Raih Berbagai Penghargaan Internasional sekelas Borobudur

Karena itu, Wabup mengaku mendukung penuh upaya Desa Randuboto untuk menggeliatkan pariwisata.

Dalam kesempatan itu, wabup juga meminta masyarakat membantu komunitas Save Our River Bengawan Solo dalam menjaga sungai terpanjang di Pulau Jawa tersebut. "Saya juga minta dijaga hutan mangrovenya," pintanya.

Sementara untuk bisa menyusuri sungai Bengawan Solo menggunakan 'Kapal Pesiar' ini, anda tak perlu merogoh kocek. Kades Randuboto Andhi Sulandra mengatakan pengunjung cukup membawa sampah plastik seberat 2,5 Kilogram yang kemudian bisa ditukar dengan satu tiket seharga Rp 10.000. Menurutnya, langkah ini merupakan salah satu bentuk untuk mengampanyekan kebersihan lingkungan.

Andhi mengungkapkan jika kapal tersebut dikonsep mirip dengan kapal pesiar sesungguhnya dengan berbagai fasilitas. "Di dalam kapal tersebut terdapat jaket keselamatan, sound sistem, pemandu wisata, televise, serta toilet," jelasnya.

Andhi menjelaskan, wisata ini juga merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan potensi wisata desa ke masyarakat luas. Melalui wisata susur sungai, pengunjung dapat menikmati keasrian alam lingkungan sungai terpanjang di pulau Jawa itu. "Bahkan, pengunjung dapat menghabiskan waktu untuk memancing," ujarnya.

Ke depan, tambah Andhi, wisata susur sungai ini akan terintegrasi dengan wisata lain yang terdapat di Desa Randuboto. Wisata tersebut adalah hutan bakau (Mangrove) dan wisata kuliner olahan ikan. Andhi percaya, wisata ini bisa membawa dampak positif bagi masyarakat.

"Secara tidak langsung masyarakat desa akan berdaya dengan menawarkan berbagai produk unggulan desa hasil pengolahan ikan nelayan," pungkasnya. (hud/rev)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi misteri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfung...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...