Lebaran Ketupat, Polres Bangkalan Pantau Arus Mudik Pelabuhan Kamal

Lebaran Ketupat, Polres Bangkalan Pantau Arus Mudik Pelabuhan Kamal Kapolres Bangkalan AKBP Boby Paludin Tambunan saat melakukan sidak di pelabuhan Kamal.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com – Menyambut lebaran Ketupat yang biasanya arus mudik di pulau Madura meningkat tajam, memantau kesiapan dan perlengkapan arus mudik di pelabuhan Kamal. Kapolres Bangkalan AKBP Boby Paludin Tambunan.S.I.K, S.H tidak ingin kasus kecelakaan yang terjadi di danau Toba terjadi di penyebrangan Surabaya-Madura.

Dalam sidak arus mudik lebaran Ketupat tersebut Kapolres didampingi Kabag Sumda Kompol Abd. Chalik, Kasat Reskrim AKP Jane Al Jauza, Kasat Intel, AKP Jupris, SH, Kasatpol Air AKP Irma Sumiati, Kabag Humas AKP Bidaruddin, Kasat Narkoba, AKP Puguh dan jajaran Polres Polair Bangkalan, Jumat (22/06).

“Gelar Operasi Ketupat ini merupakan operasi rutin setiap tahun jelang lebaran ketupat atau lebaran ketujuh. Lebaran ketupat ini arus mudik Surabaya-Kamal dan Kamal-Surabaya intesitasnya selalu naik. Alhamdulillah pada moment pagi ini pelabuhan Kamal siap siaga dalam kondisi aman, lancar, dan tertib,” kata Kalpolres Bangkalan.

Operasi Ketupat tidak hanya menyisir di lingkungan dermaga dan sekitarnya, Kapolres beserta jajarannya menyisirdi area laut, dari dermaga Kamal sampai ke Pantai Rongkang Kwanyar dengan melewati Jembatan Suramadu. Penyisiran hingga ke arah barat, pantai bibir pesisir Gersik.

Kebiasaan masyarakat nelayan saat lebaran Ketupat di pesisir Kamal Bangkalan Selatan biasa menggelar larung sesaji laut.

“Larung Sesaji Laut merupakan rasa syukur masyarakat sekitar pesisir laut Kamal. Ini bagian rasa syakur karena laut sudah dapat memberikan dampak positif atas ridha Allah,” kata Boby P.Tambunan.

Sementara menurut AKP Bidaruddin, gelar operasi Ketupat ini bukan hanya berlangsung di daerah Pantai Kamal, tapi juga di daerah lainnya seperti di pantai Arosbaya dan Kwanyar Rongkang. (uzi/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO