Emil Dardak Gandeng Para Ahli Kehutanan, Bahas Kesejahteraan Masyarakat Desa Hutan

Emil Dardak Gandeng Para Ahli Kehutanan, Bahas Kesejahteraan Masyarakat Desa Hutan

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Cawagub Jatim Emil Elestianto Dardak melakukan buka bersama dengan ulama dan sejumlah tokoh penggiat kelestarian hutan di Jombang, Jawa Timur, Kamis (31/5/2018) malam.

Hadir dalam kegiatan buka bersama ini Transtoto Handadhari, mantan Direktur Utama Perhutani, Suyanto mantan Bupati Jombang yang juga Direktur Masyarakat Desa Hutan (MDH), Gus Han, Atyana, Ketua Perkumpulan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (PLMDH) Jawa Timur dan sejumlah tokoh lainnya.

Dibahas dalam acara buka bersama ini isu penyelamatan lingkungan dan komitmen pasangan Khofifah-Emil dalam mensejahterakan masyarakat desa hutan serta menjaga kelestarian lingkungan utamanya hutan.

Diharapkan oleh para tokoh program Kofifah-Emil bukan hanya berkonsentrasi dalam pembangunan fisik melainkan juga perlu ada fokus tersendiri terhadap permasalahan lingkungan dan keberlangsungan masyarakat desa hutan.

Dari data Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, sebanyak 700 ribu hektare hutan di Jawa Timur mengalami kerusakan selama tahun 2014-2017. Sedangkan 30 persen hutan di Jawa Timur mengalami deforestasi setiap tahunnya karena adanya konversi lahan, penebangan liar, kebakaran dan erosi.

Tentunya dengan luas hutan Jatim yang mencapai 1.357.206,3 hektare dengan rincian hutan produksi 881. 889,5 hektare, hutan konservasi mencapai 233.117,5 hektare, dan hutan lindung sekitar 312. 636,5 hektare ini membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah setempat.

Dengan ancaman-ancaman yang menyebabkan kerusakan hutan inilah, maka bukan tidak mungkin dapat mengancam kehidupan Masyarakat Desa Hutan (MDH).

Sinergi diperlukan untuk mengentaskan permasalahan tersebut, mengingat terdapat banyak sekali kantong-kantong kemiskinan masyarakat di sekitar hutan. Hal ini dikarenakan mereka tidak punya skill untuk bercocok tanam.

Selama ini masyarakat seputar wilayah hutan hanya mengandalkan bahan makanan dari hutan dan penjualan kayu. Maka perlunya kerjasama antara masyarakat desa hutan dengan Perhutani dan Pemerintah Provinsi untuk atasi parmasalahan yang cukup pelik ini.

Melihat sosok muda cerdas seperti Emil, Masyarakat Desa Hutan (MDH) percayakan kepemimpinan Jawa Timur di tangan Khofifah-Emil.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO