Pemkab Pacitan Antisipasi Bencana Kekeringan Saat Musim Kemarau

Pemkab Pacitan Antisipasi Bencana Kekeringan Saat Musim Kemarau Suasana safari Ramadhan yang diselingi pemberian bantuan. (foto: ist)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Di sepanjang bulan Ramadhan, kondisi perekonomian masyarakat di Pacitan masih terpantau aman dan kondusif. Namun ke depan, ada beberapa persoalan yang harus diantisipasi mulai sekarang.

"Persoalan tersebut berkaitan dengan bencana kekeringan. Sebab di Pacitan ini ada tiga desa yang berpotensi mengalami bencana kekeringan saat musim kemarau. Yaitu desa Sedeng, Sambong, serta Ponggok," sebut Camat Pacitan Achmad Taufan dalam serangkaian kegiatan Safari Ramadhan bersama Bupati Indartato di Masjid Al Muttaqin, Lingkungan Barak, Kelurahan Sidoharjo, Rabu (30/5) petang.

Dalam kesempatan itu, mantan Camat Arjosari ini juga menyinggung adanya kelangkaan gas LPG 3 kg yang sempat berlangsung di sepanjang Ramadan. "Ini persoalan yang harus segera disikapi, khususnya saat menjelang lebaran nanti," tuturnya.

Ada puluhan paket sembako yang disalurkan untuk warga kurang beruntung dalam safari itu. Bupati Indartato berkesempatan memberikan langsung bantuan tersebut. Selain juga memberikan bantuan dana perbaikan musala serta masjid yang sebelumnya telah mengajukan proposal. Bantuan tersebut bernilai antara Rp 15 juta hingga Rp 70 juta.

"Atas nama pemerintah kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh umat Islam. Semoga di bulan Ramadhan ini kita semua dalam keadaan sehat wal afiat dan semoga puasa kita diterima Allah swt," kata Indartato.

Dia mengatakan, tujuan dari kegiatan safari Ramadhan ini tak lain untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat. Sehingga akan lebih tahu dan memahami kondisi warga. "Harapan kami, akan bisa meningkatkan hubungan harmonisasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat," tuturnya.

Indartato menekankan pentingnya sinergi pemerintah dengan seluruh ulama, umaroh, dan addiniyah, dengan harapan terciptanya hubungan masyarakat yang dinamis. "Pacitan akan lebih ayem tentrem. Pemerintah Daerah hanya berharap semoga tujuan kita bersama bisa terlaksana yaitu seluruh masyarakat Pacitan yang sejahtera," tandas Bupati Indartato. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO