Senin, 20 Mei 2019 20:47

Rangsang Saraf Motorik, PKM Unair Berikan Siswa SDLB Tuban Pelatihan Terrarium

Jumat, 25 Mei 2018 19:08 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Rangsang Saraf Motorik, PKM Unair Berikan Siswa SDLB Tuban Pelatihan Terrarium
Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya melakukan pelatihan terrarium di SDLB Spesial School Salsabila, Jalan AKBP Suroko No 46 Kabupaten Tuban, Jumat (25/5).

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengadakan pelatihan terrarium di SDLB Spesial School Salsabila, Jalan AKBP Suroko No 46 Kabupaten Tuban, Jumat (25/5).

Latihan yang dilakukan oleh lima mahasiswa berbagai jurusan itu diperuntukkan siswa-siswi SD Luar Biasa yang mengidap kelainan perilaku atau autis. Sebanyak 15 siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 mengikuti pelatihan-pelatihan penanaman terrarium.

Salah seorang mahasiswi, Brilian Ratna Wati (20) mengatakan pelatihan tersebut dilakukan melalui metode penanaman terrarium sangat membantu dalam merangsang motorik anak. Siswa terlibat langsung dalam menyusun struktur atau pola penanaman terrarium yang tepat.

"Tujuannya memang merangsang motorik anak autis, tapi ini tidak bisa menyembuhkan. Motorik anak akan terangsang dengan ikut serta menyusun setiap lapisan dalam pembuatan terarium," ujar Ratna.

Mahasiswa jurusan Biologi itu menambahkan, penanaman terarium tersebut menggunakan beberapa bahan material. Yakni, batu kerikil, batu hias, tanah, dan gelas transparan. Sedangkan untuk tanamannya berjenis tanaman yang memiliki batang dan daun berair atau sukulen seperti kaktus dan lidah buaya.

“Gelas transparan fungsinya untuk mengetahui komponennya lengkap atau belum. Bisa terbuat dari kaca maupun plastik. Semua bahan materialnya harus komplit,” imbuh mahasiswi semester 6 tersebut.

Sementara itu, Kepala Sekolah Spesial School Salsabila, Maemunah (43) menyambut baik kehadiran kelompok PKM dari mahasiswa Unair yang berkenan memberikan pelatihan terarium bagi siswa-siswi SD.

Menurutnya latihan seperti ini sangat baik, apalagi mampu merangsang saraf motorik anak yang mengidap autis. Selain itu, kegiatan semacam ini juga baru pertama kali dilaksanakan disekolah.

"Sangat bangus kegiatan seperti ini, siswa bisa dapat ilmu baru. Ada 15 siswa yang ikut, latihan ini juga akan mampu memberikan soft skill bagi siswa," tutup Kepala Sekolah. (gun/ian) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Jumat, 17 Mei 2019 00:26 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RAMADHAN memang penuh segalanya secara apik, termasuk berderet karunia dengan segenap undangan berbuka puasa secara bersama-sama. Ini sangat fenomenal bagi saya yang sejak semula berpuasa bukan untuk meminimalisir perbelanjaan...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...