Makli, Kota Makam Islam Terluas di Dunia

Makli, Kota Makam Islam Terluas di Dunia Makli, Kota Makam terbesar. foto: www.aa.com.tr

MAKLI, BANGSAONLINE.com – Salah satu komplek makam terbesar di dunia ada di Makli, sebelah timur Karachi, Pakistan. Di komplek makam bernama necropolis ada sekitar 20.000 makam, mulai dari penguasa, jenderal militer, tentara, penyair, dan masyarakat umum.

Sayangnya, makam ini agak sedikit tidak terawat. Selai jalan sempit yang rusak mengarah ke dataran berbukit, beberapa bangunan megah ada yang sudah runtuh.

Makli, salah satu kota kompleks pemakaman terbesar di dunia, terletak sekitar 100 kilometer (62 mil) dari Karachi, dan hanya 7 kilometer (4,3 mil) dari Thatta yang bersejarah, ibukota Sindh. Sejak merdeka tahun 1840, tempat ini menjadi pemakaman para tokoh dunia, mulai Alexander Agung sampai kaisar Mughal, dan dari Samma hingga Tarkhan dan penguasa Arghun.

Perbukitan Makli ini masuk situs warisan yang dilindungi UNESCO sejak tahun 1981. Nekropolis terdiri dari lebih dari 20.000 makam, paviliun, dan kuburan terbuka dari penguasa, jenderal militer, penyair, arsitek, dan tentara tanpa nama, sejak 14 abad lalu.

Namun dikabarkan situs tersebut saat ini banyak terjadi penjarahan. Bahkan, jalan raya utama yang menghubungkan Karachi dan Thatta kondisinya rusak.

Sejumlah kuburan yang dijarah adalah ukiran ayat Alquran. Kondisi makam Mirza Taghral Baig, jenderal era Mughal, juga mengalami hal serupa. Warna batu kuning memudar, relung dan lengkungan sudah mulai runtuh dengan retakan yang muncul di langit-langit .

Demikian pula kompleks pemakaman Mirza Jani Baig, dan ayahnya Mirza Ghazi Baig - penguasa Sindh awal abad ke-17 lainnya -. Makam tersebut menunggu perhatian para arkeolog agar tidak dijarah.

Sumber: www.aa.com.tr

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO