Sabtu, 23 Februari 2019 18:49

Kapolda: KH Sholeh Qosim Kiai yang Disegani Semua Kalangan

Jumat, 11 Mei 2018 15:27 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Catur Andi Herlambang
Kapolda: KH Sholeh Qosim Kiai yang Disegani Semua Kalangan
Ribuan pelayat berebutan ingin mengangkat keranda yang membawa jenazah almarhum ke tempat pemakaman.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Para petakziah almarhum KH Sholeh Qosim pengasuh Ponpes Bahauddin Al Isma'ilyah datang dari kalangan pejabat penting terus berdatangan di rumah Jumat (11/5).

Seperti halnya Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin. Irjen Pol Machfud datang bersama Waka Polda Brigjen Pol Drs Widodo Prihartopo serta para pejabat utama Polda Jatim.

Di dalam rumah duka, Kapolda dan rombongan melaksanakan shalat jenazah. Kapolda juga mengucapkan bela sungkawa dan mengobrol dengan pihak keluarga almarhum.

"Beliau (KH Sholeh Qosim red,) kiai yang disegani oleh semua kalangan. Kami merasa kehilangan atas kepergian KH Sholeh Qosim," katanya.

Kapolda juga mengaku kerap bertemu dengan almarhum dan banyak mendengar fatwa-fatwa yang disampaikan. "Pak kiai orang yang baik. Kami merasa sangat kehilangan," jlentrenya lagi.

Selang setelah rombongan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, juga datang HM. Nuh mantan Menteri Pendidikan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertakziah ke rumah duka.

Waka Komandan Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Sugeng Ing Kaweruh juga datang bertakziah bersama rombongan. "Beliau guru kami, sespuh kami dan orang tua kami. Semoga beliau husnul khotimah," ujarnya singkat.

Ribuan santri dan kiai penuhi halaman Pondok Pesantren Bahauddin Al Isma'iliyah Ngelom Sepanjang Taman menghantarkan jenazah almarhum KH Sholeh Qosim ke tempat persemayaman terakhir di makam belakang Masjid Bahauddin Jumat (11/5).

Ribuan pelayat berebutan ingin mengangkat keranda yang membawa jenazah almarhum ke tempat pemakaman. Prosesi pemakaman dipimpin oleh Rois Syuriah NU Sidoarjo KH Rofiq Siradj.

Kata KH Rofiq Siradj, KH Sholeh Qosim seorang figur kiai yang berpengaruh dan disegani oleh semua ulama. Almarhum tenaganya semasa hidup selalu dibuat untuk kemaslahatan ummat.

"Beliau selalu rutin mengisi pengajian di berbagai tempat. Ilmu almarhum sangat tinggi dan selalu terlihat tawadlu," katanya.

Almarhum, tambah KH Rofiq Siradj, kiai yang disegani oleh seluruh kiai di Indonesia. Beliau semasa mudanya pejuang Hizbullah dalam membela atau merebut Kemerdekaan RI. "Almarhum kiai yang alim," tutur kiai Kedungcangkring Jabon itu. (cat/dur)

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Februari 2019 12:01 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEBAT capres kedua telah digelar dengan segala kehormatannya pada 17 Februari 2019. Riuh tepuk tangan dan sorakan terdengar di setiap kerumunan sebagai lahan hiburan politik yang sangat komunalistik. Saya sendiri menepikan dir...
Sabtu, 23 Februari 2019 12:15 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...