Edukasi Masyarakat, Sidoarjo Positif Gelar Seminar Kesehatan dan Pengobatan Gratis

Edukasi Masyarakat, Sidoarjo Positif Gelar Seminar Kesehatan dan Pengobatan Gratis

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komunitas anak muda Sidoarjo Positif menggelar seminar kesehatan dan pemeriksaan kesehatan gratis di Balai Desa Kedungbanteng Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (5/5).

Kegiatan seminar dengan tema Kesehatan Kolesterol dan Diabetes ini dihadiri sedikitnya 50 warga usia lanjut (lansia) desa setempat. Sementara pemeriksaan kesehatan gratis melayani warga yang mengeluhkan kolesterol, gula darah dan reumatik. Dua tenaga medis yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah dr Iyzul Milady dan dr Didit.

Pendiri Sidoarjo Positif Satya Adhi Wicaksana mengatakan, pihaknya sengaja mengambil tema pemeriksaan kesehatan diabetes, kolesterol, gula darah, dan rematik. Nama-nama persoalan kesehatan ini banyak diderita masyarakat akibat kurang pahamnya pencegahan dan penanganan yang baik.

“Itu penyakit-penyakit umum yang sering diremehkan, padahal bisa berdampak fatal apabila tidak ditangani atau dicegah secara baik dan benar,” kata Satya.

Penyakit diabetes misalnya, cenderung rawan dialami orang yang sudah berusia di atas 45 tahun. Namun penyakit ini bisa diderita mereka yang masih kurang dari usia 45 tahun, apabila tidak memperhatikan pola hidup dan pola makan yang benar. Seperti faktor kegemukan, kurangnya aktivitas, kolesterol, hipertensi, riwayat toleransi glukosa ataupun riwayat jantung, adalah beberapa penyebab munculnya diabetes.

“Jadi yang sudah memiliki riwayat penyakit, atau keturunan penyakit dari orang tuanya, harus lebih bisa menjaga diri terutama pola makannya,” kata dr Iyzul.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO