Sosialisasikan 16 Parpol Jelang Pileg-Pilpres 2019, KPU Nganjuk Tampilkan Jaranan "Turonggo Wilis"

Sosialisasikan 16 Parpol Jelang Pileg-Pilpres 2019, KPU Nganjuk Tampilkan Jaranan "Turonggo Wilis" Ketua KPU Nganjuk Agus Rahman Hakim berjabat tangan dengan seluruh ketua pengurus parpol di Nganjuk. foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Menyongsong 1 tahun menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden 2019, KPU Nganjuk menampilkan pagelaran seni dan budaya dengan menampilkan kesenian jaranan "Turonggo Wilis", Sabtu (21/4) kemarin. Pagelaran ini bertempat di Alun-alun Kecamatan Berbek.

Ketua KPU Nganjuk Agus Rahman Hakim SH mengatakan bahwa kegiatan ini sekaligus untuk menyosialisasikan 16 Partai Politik (Parpol) peserta Pileg dan Pilpres 2019 kepada masyarakat. Sosialisasi ini sebagaimana instruksi dari KPU pusat.

"Di pelaksanaan pagelaran seni dan budaya ini, di sebagian kanan kiri panggung hanya terdapat beberapa baliho partai politik, tujuannya agar masyarakat bisa mengenal nama partai dan nomor urutnya. Saya sudah melayangkan surat ke 16 parpol untuk mengirimkan baliho. Kemungkinan ada kendala teknis, hanya ada sebagian baliho parpol yang terpasang," kata Agus, kepada Bangsaonline.com, Sabtu (21/04).

Menurutnya, 17 April 2019 merupakan momen penting. Selain menentukan pemimpin, juga sebagai tolak ukur dan panutan dunia terhadap sistem demokrasi Indonesia. Pasalnya ada dua kegiatan pelaksanaan pemilihan di tahun 2018 dan 2019, yaitu pemilihan gubernur dan bupati pada 27 Juni 2018 secara serentak di provinsi maupun kabupaten/kota. Sedangkan 17 April 2019 secara serentak pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

"Jika dua pelaksanaan besar berjalan baik maka akan menjadi sejarah dan akan dicontoh dunia lain dalam memilih pemimpinnya. Saya mengimbau agar diniatkan dalam datang ke TPS, dan pilih calon pemimpin yang baik untuk menjamin masa depan lebih baik," pesan Agus. (bam/rev)

Berikut 16 parpol yang berkontestan di kabupaten Nganjuk sesuai nomornya:

1. PKB

2. Gerindra

3. PDI-P

4. Golkar

5. Nasdem

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO