DPT Pilgub Jatim di Tuban Didominasi Pemilih Perempuan

DPT Pilgub Jatim di Tuban Didominasi Pemilih Perempuan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tuban menggelar rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur di kantor KPU setempat.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tuban menggelar rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur di kantor KPU setempat, Kamis (19/4). Penetapan DPT tersebut merupakan hasil coklit dan Daftar Pemilih Sementara hasil perbaikan (DPSHP).

"Proses penetapan DPT siang ini berjalan lancar dan terkendali. Terbukti, jalannya pleno tidak adannya tanggapan berarti dari penyelenggara dan peserta pemilu," ungkap Ketua KPUD Tuban Kasmuri di hadapan peserta rapat pleno.

Meskipun dalam pleno DPT tidak ditemui adannya persoalan, tetapi KPUD belum menandatangani berita acara penetapan DPT. Sebab, bagi masing-masing tim pemenangan pasangan calon gubernur diberikan ruang dan jeda waktu sebagai bentuk tanggapan pra penetapan DPT.

Menanggapi jumlah pemilih perempuan dominan, Tim Pemenagan Kofifah-Emil Kabupaten Tuban Yahya Romli mengaku optimis akan meraih suara banyak di bumi wali. Pasalnya, calon nomor sendiri berasal dari perempuan. Sehingga, hal itu menguntungkan bagi pasangan calon nomor 1.

Di sisi lain, tim pemenangan nomor urut 2 Gus Ipul - Puti Kabupaten Tuban Abu Kholifah mengaku tidak mempermasalahkan jumlah laki-laki dan perempuan. Menurutnya, yang terpenting adalah penyelenggara pemilu di Kabupaten Tuban mampu mendorong partisipasi masyarakat untuk di setiap tingkatan.

"Kita berharap proses pilkada kali ini penyelenggara dapat disiplin dan ketelitian dalam memberikan akurasi data pemilih," jelasnya.

Berdasarkan DPT Tuban, jumlah pemilih dalam Pilgub Jatim kali ini adalah 925.104, dengan rincian pemilih laki-laki sejumlah 456.515 dan perempuan 465.559. (ahm/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO