Rabu, 20 Maret 2019 17:23

Wabup Qosim Dukung Deklarasi SPAK Formagam: Peran Istri Penting untuk Cegah Korupsi

Selasa, 17 April 2018 20:30 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Wabup Qosim Dukung Deklarasi SPAK Formagam: Peran Istri Penting untuk Cegah Korupsi
Wabup Moh. Qosim menandatangani dukungan deklarasi SPAK Formagram.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim menghadiri deklarasi Saya Perempuan Anti Korupsi Forum Masyarakat Gresik Pecinta Keberagaman (SPAK Formagam) di gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Selasa (17/4/2018).

Sejumlah perempuan yang mengatasnamakan SPAK Formagam mengucapkan ikrar bersama akan menjadi pribadi yang anti korupsi, dan akan selalu mensosialisasikan sikap anti korupsi kepada masyarakat. Mereka juga berjanji akan bekerjasama dengan pemerintah dan instansi lain untuk melaksanakan anti korupsi.

Pada kesempatan ini, Wabup menyatakan pentingnya peran para ibu dalam pencegahan korupsi untuk para bapak yang punya jabatan.

"Saya saja setiap nonton berita televisi tentang adanya pejabat yang kena operasi tangkap tangan (OTT) bersama keluarga. Istri dan anak saya selalu mengingatkan agar selalu hati-hati dan tidak melakukan perilaku korupsi. Betapa pentingya nasihat istri saya tersebut pada setiap langkah saya dalam melaksanakan tugas," ujarnya saat memberi sambutan pada Deklarasi SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi) Formagam (Forum Masyarakat Gresik Pecinta Keberagaman).

Menurut Qosim, pentingnya peran perempuan karena selama ini banyak pejabat yang terpeleset kasus korupsi adalah karena perempuan. "Untuk itu, istri harus selalu mengingatkan kepada para bapak yang menjadi pejabat," katanya.

Qosim menyitir beberapa ayat dalam kitab suci Al-Quran yang menyatakan bahwa diwajibkan mencari rejeki yang halal. Uang dan harta hasil korupsi menurut Wabup hukumnya adalah haram.

Sementara Ajeng Wirda Agen SPAK Formagam pusat menyatakan terbentuknya organisasi ini berasal dari survei KPK pada 2 kota yang ada di Indonesia.

Menurut hasil survei tersebut, hanya 4 persen keluarga yang mengajarkan nilai-nilai kejujuran. Berdasar hasil survei tersebut, terbentuklah Spak Formagam yang menurutnya adalah partner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saat ini ada sekitar 5.000 ibu rumah tangga yang tergabung dalam organisasi Spak ini. Mereka terdiri dari para ibu rumah tangga, para ibu-ibu pendidik, para ibu-ibu dokter, para ibu-ibu pengusaha, para ibu dari PKK, para ibu beberapa organisasi wanita, Muslimat, Fatayat, Aisiyah serta dari beberapa organisasi wanita yang lain," terangnya.

Sementara ketua SPAK Formagam Gresik Tyas Hardiyantiningsih menyatakan kegiatan ini bagian dari Formagam untuk membantu pemerintah dalam pemberantasan korupsi.

Adapun kegiatan kali ini dige;ar dalam rangka memperingati hari Kartini tahun 2018. (hud/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Minggu, 17 Maret 2019 23:15 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag28. Wa-immaa tu’ridhanna ‘anhumu ibtighaa-a rahmatin min rabbika tarjuuhaa faqul lahum qawlan maysuuraanDan jika engkau berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang engkau harapkan, maka kat...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...