​Sidak UNBK di SMA dan MA, Bupati Tuban Tak Temukan Kendala

​Sidak UNBK di SMA dan MA, Bupati Tuban Tak Temukan Kendala Bupati Tuban Fathul Huda saat melakukan sidak ke beberapa sekolah di Kabupaten Tuban, Senin (9/4).

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Di hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madarasah Aliyah (MA) yang berlangsung hari ini, Bupati Tuban Fathul Huda melakukan sidak ke beberapa sekolah, Senin (9/4).

Dari pantauan BANGSAONLINE.com, kunjungan Bupati diawali dari MAN 1 Tuban, MA Sunan Bejagung, SMAN 2 Tuban, dan ditutup SMAN 4 Tuban. Selama kunjungannya, ia menyatakan tidak menemukan permasalahan berarti yang dihadapi sekolah saat melaksanakan UNBK.

Terkait masalah padamnya listrik yang dialami SMK Sunan Bejagung beberapa waktu lalu, Fathul Huda mengaku sudah meminta PLN memperhatikan dengan serius terkait penyediaan listrik saat UNBK berlangsung.

“Saya imbau pihak sekolah untuk menyiapkan semuanya dengan matang, termasuk genset untuk berjaga-jaga bila terjadi sesuatu,” ujar Bupati saat ditemui di MAN 1 Tuban.

Bupati juga memastikan tidak akan ada kemungkinan terjadinya penjiplakan soal karena pengaturannya sudah diacak sedemikian rupa. 

“Saya bersyukur semua sekolah dapat melaksanaan UNBK dan berjalan dengan tertib. Semoga seluruh siswa dapat lulus dengan nilai yang memuaskan dan tidak kalah dengan daerah lainnya,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati asal Montong ini juga menginstruksikan kepada pihak Sekolah dan panitia pelaksana UNBK untuk mengevaluasi jalannya UNBK kali ini.

"Mengingat ada beberapa sekolah yang melaksanakan UNBK sebanyak 3 sesi, maka perlu untuk diperhatikan dan menjadi bahan evaluasi mendatang. Selain itu, hal ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan siswa di Kabupaten Tuban," jelas Fathul Huda.

Perlu diketahui, pelaksanaan UNBK tahun ini diikuti sebanyak 6.835 siswa yang berasal dari 37 SMA dan 40 MA di Kabupaten Tuban. Sementara untuk pelaksanaan UNBK di MAN 1 Tuban diikuti sebanyak 406 siswa yang terbagi dalam tiga sesi di empat laboratorium, di mana lab 1 ada 113 siswa, lab dua 114 siswa, lab tiga 113 siswa, dan lab empat 66 siswa.(gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO