Naskah Soal UN SD/MI di Tuban Mulai Didistribusikan

Naskah Soal UN SD/MI di Tuban Mulai Didistribusikan

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Naskah soal Ujian Nasional (UN) untuk sekolah tingkat dasar baik SD dan MI mulai didistribusikan ke setiap wilayah kecamatan se-Kabupaten Tuban, Jum'at (12/5). Distribusi soal mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

UN tingkat SD/MI sendiri akan berlangsung pada 15 hingga 17 Mei 2017 mendatang.

Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Witono menjelaskan bahwa saat ini naskah soal tersebut masih transit di masing-masing UPTD Pendidikan kecematan setempat. Naskah tersebut baru akan didistribusikan ke sekolah menjelang pelaksanaan UN.

Guna terjaga kerahasiannya, setiap UPTD nantinya dijaga oleh petugas kepolisian serta Dinas Pendidikan setempat. "Insya Allah keberadaan soal sudah aman," jelasnya.

"Sebelum didistribusikan, panitia sudah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari proses penyusunan, pengadaan naskah soal, pembentukan panitia penyelenggara, sosialisasi pelaksanaan UN SD hingga pengamanan distribusi naskah soal dari tempat percetakan ke lima titik rayon yang menjadi lokasi pendistribusian soal. Saat sudah di UPTD, naskah soal kemudian dipilah lagi sesuai jadwal ujian," jlentrehnya.

Witono merincikan, lembaga sekolah atau madrasah yang mengikuti pelaksanaan UN 2017 sebanyak 769, meliputi 556 SD Negeri, 12 SD Swasta dan 2 MI Negeri serta 199 MI swasta. Adapun peserta yang mengikuti UN sebanyak 16.656 siswa, dengan rincian 12.063 sidwa SD Negeri, 474 siswa SD Swasta dan 104 sisa MI Negeri serta 4.015 siwa MI Swasta.

"Penyusunan soal UN SD berbeda dengan penyusunan soal UN SMA dan SMP. UN tingkat SMP dan SMA, seluruh soal disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) 100 persen. Sedangkan untuk soal UN SD, 75 persen disusun oleh Dinas Pendidikan Kabupaten dan 25 persen disusun Kemdikbud," pungkasnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO