Jaga Kualitas Hewan ASUH, Pemkab Pasuruan Gandeng MUI

Jaga Kualitas Hewan ASUH, Pemkab Pasuruan Gandeng MUI Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Pasuruan menggandeng MUI setempat untuk memberikan arahan bagaimana cara memotong hewan yang sesuai syariat.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk menjaga serta meningkatkan kualitas produk pangan asal hewan yang ASUH (aman, sehat,utuh dan halal) Pemkab Pasuruan melalui Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan secar intens melakukan pengawas ke beberapa pasar di Kabupaten Pasuruan

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memantau langsung di lapangan apakah produk hewani yang dijual para pedagang betul-betul layak di konsumsi.

”Dinas setiap berkala melakukan pengawasan terhadap produk hewani yang di jual pegadang,langkah tersebut untuk menjamin agar produk hewani (daging ayam) betul aman di konsumsi,” jelas Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan drh Irianto, didampingi sfat Kesmavet drh Panti Apsari.

Para pedagang juga diberi pengarahan dan bimbingan oleh petugas di lapangan bagaimana cara mengelola produk hewani sehat yang benar. Mulai cara penyembelihan yang sesuai dengan syariat agama, menjaga kebersihan lapak /bedak hingga urusan yang kecil seperti telenan untuk pemotong daging harus bersih.

“Dalam bimtek kepada para pedang, Dinas menggandeng setempat untuk memberikan arahan bagaimana cara memotong hewan yang sesuai syariat agama agar menghasilkan produk yang halal,” jelas Panti.

Rencananya bimtek perlindungan dan keamanan produk hewani akan dilakukan di semua pasar di seluruh Kabupaten Pasuruan. 

Saat ini kegiatan sasarannya adalah para pedanga ayam. Dari hasil monitoring di lapangan ada sebagian pedagang yang kurang memerhatikan soal kebersihan pangan sehingga produk pangan yang dijual rentan tidak higienis. (par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO