Minggu, 21 Oktober 2018 14:06

​Ada Komunitas Cosplay dan Pecinta Anime di Surabaya

Selasa, 27 Maret 2018 21:57 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: -
​Ada Komunitas Cosplay dan Pecinta Anime di Surabaya
Jadi seperti boneka. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ahadia Amanda Nur’aini (22) mahasiswa jurusan Bahasa Mandarin Unesa, bersama rekannya membentuk komunitas Nijiiro untuk pecinta kartun jepang dan cosplay.

Dea yang sejak kecil menyukai Anime dan memiliki keinginan untuk menjadi karater kartun yang disukainya. Pada tahun 2015 dia memutuskan untuk membuat komunitas pecinta anime dengan nama Niijiiro.

“Saya suka anime sejak SD, SMP, dan SMA. Dari dulu itu kayak pengan jadi karakter anime yang aku suka. Akhirnya baru kesampaian ketika kuliah untuk bikin komunitas dengan salah seorang teman yang kenal di kampus sekitar tahun 2015,” ujar Dea, Selasa (13/3/2018).

Pada awalnya Dea dan salah seorang temannya hanya membentuk grup berisi beberapa orang saja. Namun yang bergabung semakin banyak, hingga dia memutuskan membuat komunitas.

“Dulu pas ospek di Unesa ketemu anak yang suka dengan anime juga. Akhirnya bikin grup kecil yang isinya beberapa orang aja. Akhirnya anggotanya semakin banyak dan memutuskan membentuk komunitas. Anggota kami awalnya dari Unesa jurusan mandarin, seni rupa, dan lain-lain. Sekarang sudah ada yang dari universitas lain,” jelasnya.

Komunitas yang diberi nama Nijiiro ini memiliki 13 member yang aktif dalam kegiatan komunitas. Nijiiro sendiri berasal dari bahasa jepang yang berarti pelangi. Dea menjelaskan, “Nama komunitas sendiri itu dari bahasa jepang. Nijiiro artinya pelangi, jadi nama itu diambil dari kita yang punya sifat dan latar belakang berbeda dan warna-warni.”

Walaupun dibentuk oleh mahasiwa Unesa, komuntas Nijiiro tidak hanya memilki anggota selingkup Unesa saja. Anggota komunitas Nijiiro sudah mencakup beberapa kampus yang ada di Surabaya dan sekitarnya. Kostum cosplay yang paling sering dimainkan oleh komunitas ini adalah karakter yang sedang ngetren saat ini. Disesuaikan dengan judul anime yang sedang naik daun.

Komunitas ini sering mengadakan acara-acara setiap minggunya. Mulai dari sharing tentang anime, kompetisi menggambar antar anggota. “Biasanya kami sering ngadain acara-acara kumpul bareng. Disana kami biasanya sharing tentang anime, kostum cosplay, dan ada kompetisi gambar anime. Untuk kompetisi gambar biasanya hadiahnya bisa dikasih pulsa, atau serba-serbi anime.” Ungkap Dea. Selain acara kumpul bareng, komunitas Nijiiro juga serng mengikuti event coseplay di kampus-kampus.

Untuk bergabung di komunitas pecinta anime ini tidak perlu syarat-syarat khusus. Karena pada dasarnya komunitas ini berdiri atas kesukaan dan kesamaan hobbi. Komunitas Nijiiro aktif di media sosial instagram untuk memuat kegiatannya. (*)

Sumber: *Nindi A N P
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 Oktober 2018 11:08 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DARI Malang menuju Bekasi. Begitulah aksi KPK dalam melakukan gerakan senyap OTT yang melibatkan para bupati kedua daerah itu. Simbul para koruptor kian menjalar dari daerah ke daerah untuk merapatkan barisan sambung-meny...
Sabtu, 20 Oktober 2018 19:42 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Menjadi viral saat ada rombongan umrah menyanyikan lagu Ya Lal Wathan, termasuk yang memb...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 29 September 2018 09:57 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 04 Oktober 2018 13:39 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gua Jenggung, begitulah nama yang diberikan kepada gua yang baru ditemukan di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.Saat melihat keindahan stalaktit maupun stalagmit di dalam Gua Jenggung, laksana berlibur ke T...