Muhamadiyah Jatim Berikan Bantuan Bagi Warga Terdampak Bencana di Pacitan

Muhamadiyah Jatim Berikan Bantuan Bagi Warga Terdampak Bencana di Pacitan Suasana tabligh akbar di pendopo Pemkab Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Proses perjuangan menuju sebuah kebangkitan terus dilakukan Pemkab Pacitan. Salah satunya dengan diselenggarakannya tabligh akbar sebagai puncak peringatan hari jadi Pacitan ke-273, Minggu (25/2).

Kegiatan yang dihadiri 2.500 peserta tersebut menghadirkan Ketua Pimpinan Pusat Muhamadiyah, Hejriyanto Y Thohari. Kegiatan religius itu ditandai dengan penyerahan secara simbolis sebanyak 6 unit rumah kepada warga korban tanah longsor, 1 unit mobil oprasional, 1800 paket sembako, 1000 perlengkapan sholat, 85 paket peralatan olahraga dan 1000 pohon serta launching sekolah madrasah tangguh bencana.

Acara kemudian dilanjutkan penyerahan cinderamata dari Ketua MDMC Muhamadiyah Jatim kepada Wakil Bupati Pacitan Drs. Yudhi Sumbogo.

Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Jatim Biyanto mengatakan bahwa bantuan yang diberikan merupakan bentuk bukti Muhamadiyah untuk menampilkan diri sebagai gerakan Islam untuk beramal. "Karena itu keluarga besar Jatim ingin mewujudkan empati kepada masyarakat Pacitan dengan memberikan bantuan nyata agar bisa mengurangi penderitaan masyarakat," tuturnya.

Dia berharap kehadirannya di Pacitan ini kali bisa menyemangati masyarakat yang terkena bencana. "Indeks Negara yang paling dermawan ada 132 Negara. Sedangkan Indonesia ada diperingkat 2 sebagai Negara paling dermawan di dunia," bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo berharap agar pimpinan daerah Muhamadiyah (PDM) di Pacitan bisa meneruskan program dari Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Jatim. "Dalam rangka memperingati hari Jadi Pacitan ke 273, kita arahkan untuk meningkatkan keimanan kepada Allah dengan memperbanyak dzikir, salat hajat, salat subuh berjamaah, dan tabligh akbar," terang wabup.

"Harapan kami semoga bantuan yang diberikan PW Jatim bisa bermanfaat untuk masyarakat dan mendapatkan balasan dari Alloh. Seiring hari jadi Pacitan ke 273, mari kita rawat rasa persaudaraan, gotong royong dan kerjasama agar Pacitan adem ayem," pintanya.

Sementara Hajriyanto Y. Thohari mengungkapkan jika saat ini memiliki MDMC (Muhamadiyah Disarter Management Center) yang merupakan satu-satunya yang tergabung dalam pusat pengelolaan dampak gempa yang pernah dikirim ke Negara Nepal untuk membantu korban bencana.

"MDMC dan Lazismu telah menyumbangkan amal baktinya kepada korban bencana alam termasuk di Pacitan yang sedang bangkit dalam membangun tempat-tempat yang terdampak bencana alam banjir maupun tanah longsor," katanya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO