Sabtu, 22 September 2018 22:52

Tanya-Jawab Islam: Hukum Membaca Alquran dari Komputer, HP, atau Tablet

Sabtu, 17 Februari 2018 11:26 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: -
Tanya-Jawab Islam: Hukum Membaca Alquran dari Komputer, HP, atau Tablet

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Assaalamualaikum wr wb, saya mau tanya ustas, bagaimana hukumnya membaca ayat Alquran tanpa berwudhu dulu? Bagaimana dengan ayat-ayat Alquran di dalam komputer, HP, dan tablet yang mudah membawanya, apakah untuk membaca ayat-ayat Alquran tersebut harus wudlu dulu?

Asmita Sulastri, PNS di Surabaya

Jawaban:

Para ulama sepakat bahwa membaca Alquran tanpa memiliki wudhu dulu itu diperbolehkan, yaitu membacanya dengan hafalan, tidak sedang memegangnya atau menyentuh mushaf tersebut. Ini jelas boleh walaupun sedang mengandung hadas kecil, bahkan ada juga ulama yang memperbolehkan membacanya walaupun sedang mempunyai hadas besar. Tapi pandangan ini sedikit, kebanyakan ulama tidak membolehkan membaca Alquran dalam keadaan junub (memiliki hadas besar).

Dalil diperbolehkannya membaca Alquran walaupun tanpa berwudhu adalah hadis yang dilaporkan oleh Sahabat Ali bin Abi Talib bahwa sannya:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْتِي الْخَلَاءَ فَيَقْضِي الْحَاجَةَ ثُمَّ يَخْرُجُ فَيَأْكُلُ مَعَنَا الْخُبْزَ وَاللَّحْمَ وَيَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَلَا يَحْجُبُهُ وَرُبَّمَا قَالَ لَا يَحْجُزُهُ عَنْ الْقُرْآنِ شَيْءٌ إِلَّا الْجَنَابَةُ

Rasul saw pernah masuk ke kamar kecil lalu menyelesaikan hajatnya. Kemudian beliau keluar dan makan roti dan daging besama kami, beliau juga membaca Al-Qur'an. Tidak ada yang menghalanginya. Mungkin beliau bersabda: tidak menghalanginya- dari membaca Al-Qur'an kecuali junub”. (Hr. Ibnu Majah)

Adapun yang dilarang adalah menyentuh mushaf tanpa memiliki wudhu itu sebagian ulama tidak memperbolehkannya, jadi orang yang mau membaca Alquran sambil memegang mushaf hukumnya wajib berwudhu dulu, alias tidak berhadas kecil.

Allah berfirman di dalam Surat al-Waqi’ah:

"Sesungguhnya Al Qur'an ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauhmahfuz), tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan. Diturunkan dari Tuhan semesta alam. Maka apakah kamu menganggap remeh saja Al Qur'an ini". (QS. Al-Waqi'ah: 77-81)

Dari ayat di atas, para ulama memahami bahwa orang yang boleh menyentuh Alquran adalah mereka yang sudah bersuci terlebih dahulu, sehingga saat memegangnya ia dalam keadaan suci terhidar dari hadas. Hal ini dikuatkan dengan hadis ayah Abdullah bin Abi Bakar bahwasannya Rasul menulis surat kepada Amr bin Hazm:

لا يمس القرآن إلا طاهر

“Tidak boleh menyentuh Alquran kecuali orang yang suci”. (Hr. Abu Dawud)

Dari teks ini sudah jelas bahwa orang yang mau menyentuh Alquran harus bersuci terlebih dahulu. Adapun hukum membaca Alquran dengan membawa Hp, Laptop, atau Tablet, sebagian ulama memperbolehkannya. Dengan alasan bahwa Hp dan barang-barang elektronik itu bukan termasuk mushaf yang haram disentuh bagi orang yang tidak punya wudhu. Ketika dipindah ke program lain maka bentuk yang mirip mushaf itu hilang. Sebab itu bukan tulisan, itu hanya gelombang-gelombang saja.

Namun, pandangan yang lebih hati-hati adalah kita tidak memegang hp itu ketika masih muncul gambar mushaf. Artinya ketika membuka program mushaf lebih baik kita dalam keadaan suci, sebab ia mirip dengan mushaf, hanya saja bukan dari kertas dan tinta tapi dari elemen kaca dan gelombang cahaya. Maka, ini ada kemungkinan mengandung unsure mushaf. Lebih hati-hati akan lebih baik dalam menjalankuan hokum islam. Wallahu a’lam.

Suparto Wijoyo
Senin, 17 September 2018 22:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEMOKRASI sejak mulanya adalah kerumunan yang meneguhkan kekuatan tanda kuasa sedang digumpalkan. Rakyat terlibat langsung untuk mengatur penyelenggaraan negara kota (polis) yang skala kepentingan maupun wilayahnya tidak seleba...
Selasa, 11 September 2018 13:55 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Cukup jelas pesan ayat studi ini, bahwa Allah SWT pasti menyayangi hamba-Nya yang mau be...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 22 September 2018 10:49 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Minggu, 16 September 2018 18:57 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Wisata susur sungai sekarang sudah ada di Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Destinasi wisata susur sungai bernama Wisata Tubing ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebuda...