Minggu, 18 Februari 2018 15:45

Angka Pernikahan Usia Dini di Lamongan Masih Tinggi

Selasa, 13 Februari 2018 19:22 WIB
Wartawan: Nurqomar Hadi
Angka Pernikahan Usia Dini di Lamongan Masih Tinggi
Hamdani Azhari

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Angka pernikahan usia dini di Lamongan masih tergolong tinggi, meskipun setiap tahunnya terus mengalami penurunanan. Berdasarkan data dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, di tahun 2017 lalu pasangan nikah dini di Lamongan sebanyak 10 ribu pasang.

“Ada beberapa faktor yang menyebabkan angka pernikahan usia dini di Lamongan masih tinggi, di antaranya karena faktor tingkat pendidikan, budaya nikah usia muda, serta akibat dampak dari pergaulan,” kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lamongan, Hamdani Azhari, Selasa (13/2).

Hamdani menyatakan saat ini pihaknya terus melakukan upaya agar jumlah pernikahan dini tersebut semakin menurun. “Tahun ini kami berharap adanya penurunan jumlah masyarakat Lamongan yang melakukan pernikahan dini, yakni hanya berkisar 8 ribu pasangan,” terangnya.

"Sebenarnya, penurunan jumlah pernikahan dini di Lamongan terjadi beberapa tahun terakhir. Di tahun 2015 tingkat pernikahan dini mencapai 13 ribu pasangan, di tahun 2016 mengalami penurunan menjadi 12 ribu pasangan dan di tahun 2017 juga mengalami penurunan menjadi 10 ribu pasang," terangnya.

Adapun langkah untuk menekan jumlah penikahan dini tersebut, lanjut Hamdani, dengan Program Kampung KB. Konsep Kampung KB ini bertujuan selain menekan jumlah pertumbuhan penduduk, juga mencegah pernikahan usia dini.

"Di Lamongan sudah ada 32 kampung KB dan keberadaanya sangat membantu dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga pra sejahtera untuk menuju yang lebih baik dan berkualitas. Kita tekankan melalui pendamping masing-masing desa untuk melakukan penguatan mental terhadap masyarakat, dimulai anak usia dini, remaja, dan lansia dengan tujuan ada kesinambungan untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera," pungkasnya. (qom/rev)

Oleh: Suparto Wijoyo*
Rabu, 14 Februari 2018 15:29 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*PILGUB Jatim “airnya kini berombak” sepertahutan kabar yang beredar: PWNU dinilai akrobat dengan tidak “menerima permohonan silaturahmi” Khofifah Indar Parawansa. Sikap telah diambil dan pilihan sudah ditentukan Ketua PWN...
Sabtu, 17 Februari 2018 22:42 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  Subhaana alladzii asraa bi’abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu min aayaatinaa innahu huwa alssamii’u albashiiru (1).Baik ayat ya...
Sabtu, 17 Februari 2018 11:26 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Jumat, 16 Februari 2018 22:50 WIB
LONDON, BANGSAONLINE.com – Setelah Stormy Daniels membuka sejarah selingkuhannya dengan Presiden Donlad Trump, kini giliran model Play Boy Karen McDougal membuka kasus serupa.Dia mengaku berselingkuh dengan Trump selama 9 bulan. Hal ini diungkapk...