Minggu, 19 Agustus 2018 12:29

Wabup Qosim Lepas Keberangkatan Truk LPG untuk BUMDes

Senin, 12 Februari 2018 11:55 WIB
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Wabup Qosim Lepas Keberangkatan Truk LPG untuk BUMDes
Wabup Moh. Qosim melepas truk LPG. foto: syuhud/ bangsaonline

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim melepas keberangkatan truk bermuatan LPG yang dialokasikan untuk beberapa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Ada 3 truk gas LPG yang dilepas dalam suatu upacara di halaman Kantor Bupati Gresik, Senin (12/2/2018). Dua truk bermuatan masing-masing 560 tabung LPG ukuran 3 kg, sedangkan satu truk lain memuat gas LPG bright gas yang berisi 5,5 kg.

Prosesi pelepasan ditandai dengan pemecahan kendi yang dilakukan Wabup didampingi Sekda Djoko Sulistiohadi. “Semoga dengan pengiriman LPG ke Bumdes berdampak semakin lancarnya distribusi LPG ke masyarakat di pedesaan. Dan tidak ada lagi kelangkaan LPG,” ujarnya.

Dari 309 tahap awal pengiriman, ada 43 Bumdes yang sudah disiapkan menjadi penyalur LPG di desa-desa di Kabupaten Gresik sesuai petunjuk pihak Pertamina.

Menurut Sales Executive LPG Pertamina, Bagus Sulistio Hadi, penyaluran tahap awal diutamakan bagi BUMDes yang selama ini tidak ada penyalur LPG di desanya. "Selain menyalurkan LPG 3 kg, BUMDes juga diwajibkan untuk menyosialisasikan LPG non-subsidi (bright gas) 5,5 kg seharga Rp 65 ribu," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tursilowanto Harijogi didampingi Kabag Humas dan Protokol Suyono menyatakan bahwa ke depan semua BUMDes berkesempatan untuk menjadi penyalur LPG untuk masyarakat desanya.

"Selain menyalurkan LPG, 309 BUMDes juga diarahkan untuk memasarkan produk PT Wilmar Nabati dan PT Unilever untuk masyarakat desa," katanya.

"Kami menjajaki kemungkinan untuk menjadi penyalur pupuk PT Petrokimia Gresik. Dengan bermainnya BUMDes pada distribusi barang, maka akan memotong rantai distribusi dan masyarakat akan mendapatkan barang yang murah. Nantinya Bumdes sebagai agen perekonomian desa sesuai Permendes 4/2015 dan Perda Kabupaten Gresik Nomor 3 tahun 2017 segera terwujud," pungkasnya. (hud/dur)

Sabtu, 11 Agustus 2018 16:43 WIB
Oleh: Ach. Taufiqil Aziz*Sekitar jam 17.00, pada 9 Agustus 2018, kami sekeluarga masih menonton stasiun televisi tentang pengumuman Cawapres Jokowi. Di televisi, beberapa stasiun dan pengamat sudah menganalisa bahwa Mahfud MD (MMD) yang akan menjadi ...
Kamis, 16 Agustus 2018 17:26 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   In ahsantum ahsantum li-anfusikum wa-in asa'tum falahaa fa-idzaa jaa-a wa’du al-aakhirati liyasuu-uu wujuuhakum waliyadkhuluu almasjida kamaa dakhaluuhu awwala marratin waliyutabbiruu maa ‘al...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 08 Agustus 2018 10:41 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Wisata Gua Indonesia (Astaga) dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Unirow Tuban akhirnya memaparkan data pemetaan gua di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Data tersebut dikeluarkan setelah tim me...