Kapolres Kediri Kota Beri Sejumlah Catatan Usai Gelar Simulasi Pilkada

Kapolres Kediri Kota Beri Sejumlah Catatan Usai Gelar Simulasi Pilkada

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Polres Kediri Kota Kediri menggelar simulasi pengamanan Pilkada serentak 2018. Sediktinya ada lima adegan kericuhan dalam tahapan pemilu yang diperagakan untuk diatasi oleh personil kepolisian.

"Simulasi pengamanan dengan menggelar peragaan sistem pengamanan kota (Sispamkota) dalam rangka pengamanan pemilukada serentak tahun 2018," kata AKBP Anthon Haryadi Kapolres Kediri Kota, Kamis (18/1).

Ia mengatakan, acara Sispam kota ini diadakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat terjadi pemilu dan harapannya adegan-adegan yang ditampilkan dalam simulasi ini tidak terjadi saat pemilu berlangsung. Namun demikian, pihaknya memberikan sejumlah catatan.

"Ada beberapa catanan kami dalam pelaksanaan sispam ini. Pertama tadi, saya melihat tim K9 belum selesai proses negosiasi, tetapi sudah melepaskan anjingnya. Kemudian pada saat menembakkan gas air mata juga kurang tepat. Tetapi ini sifatnya masih simulasi, harapannya saat pelaksanaan dilapangan tidak demikian, sehingga harus benar benar diperhatikan," jelas Kapolresta.

Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah hadir secara langsung melihat kegiatan simulasi pengamanan yang digelar di GOR Jayabaya Kota Kediri. Selain itu, bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Kediri, Aizzudin Abdurrahman dengan Sudjono Teguh Wijaya serta Samsul Ashar - Teguh Juniadi tampak hadir. Lalu pengurus partai politik serta komisioner KPU Kota Kediri juga ada.

Anthon Haryadi mengatakan dalam pengamanan 2018 pihaknya mendapatkan kucuran dana APBD Kota Kediri sebesar Rp 2,5 miliar. Sementara untuk pengamanan Pilgub Jawa Timur mendapatkan tambahan dana pengamanan Rp 300 juta untuk lima polsek yang berada di wilayah administrasi Pemerintah Kabupaten Kediri.

Simulasi pengamanan Pilkada serentak ini melibatkan sebanyak 600 personil polisi. Simulasi tersebut menampilkan lima adegan untuk pengamanan pilkada yaitu simulasi pengamanan lokasi kampanye, simulasi pengamanan penyandraan, simulasi pengamanan pendistribusian logistik, simulasi pengamanan tempat pemungutan suara (TPS), dan simulasi pengamanan penanggulangan masa dab penentuan sispam kota. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO