Pastikan Pengamanan Secara Maksimal, Polres Mojokerto Kota Gelar Simulasi Sispam Kota

Pastikan Pengamanan Secara Maksimal, Polres Mojokerto Kota Gelar Simulasi Sispam Kota Kegiatan Sispam Kota. foto: SOFFAN/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dalam Pengamanan Pilwali dan Pilgub 2018, Polres Mojokerto Kota telah menyiapkan sebanyak 2/3 kekuatannya. Seperti yang terlihat dalam simulasi sistem pengamanan (sispam) kota yang digelar di lapangan Raden Wijaya, Kelurahan Surodinawan, Kota Mojokerto, Kamis (17/1/2018).

Kapolres Mojokerto Kota AKBP Puji Hendro Wibowo menjelaskan jika mulai dari tahapan penetapan pasangan calon sampai pemungutan suara, pihaknya akan langsung di-backup oleh anggota Satuan Brimob dari Polda Jatim, unsur TNI, dan sejumlah elemen masyarakat. ”Kita sudah melakukan simulasi pengamanan dan hasilnya cukup bagus," jelasnya, Jumat (18/1/2018).

Lanjut Kapolresta, kesiapan ini telah teruji dalam pelaksanaan simulasi sispam kota yang sudah digelar. Dalam pelaksanaan tersebut, ratusan anggota yang berada di lokasi terlihat melakukan peragaan dari kesiapan pengawalan pendistribusian surat suara, pelaksanaan pemungutan suara, perhitungan surat suara hingga penanganan aksi ujuk rasa yang dilakukan oleh kubu pasangan yang merasa tidak puas dari hasil perhitungan oleh pihak KPU.

Selain itu, masih dalam kegiatan simulasi, penggunaan senjata pelontar gas air mata dan kendaraan taktis berupa armada wather cannon (AWC) dalam upaya menghalau aksi massa juga dilakukan.

“Jumlah kekuatan kita dari anggota Polri ada 400 personil, unsur TNI ada sebanyak 270 anggota dan ada juga dari anggota Linmas, totalnya sekitar 1200 personil, dengan jumlah tersebut dalam pilwali dan pilgub ini bersama pihak KPU dan Panwas kita telah siap melakukan pengamanan dan menyukseskan kegiatan ini,” tambahnya.

Kapolresta berharap dalam suksesnya pelaksanaan kegiatan Pilwali dan Pilgub ini bantuan dan dukungan dari masyarakat selalu dinatikan. Semoga kedepan situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polresta dapat selalu berjalan aman, tertib dan kondusif. (sof/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO