Sedot 4000 Pengunjung, Pantai Kelapa Jadi Ikon Wisata Baru di Tuban

Sedot 4000 Pengunjung, Pantai Kelapa Jadi Ikon Wisata Baru di Tuban

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Berbicara mengenai wisata yang ada di Kabupaten Tuban memang tidak ada habisnya. Selain dikenal dengan wisata religi, Tuban juga punya wisata pantai. Salah satunya Pantai Kelapa yang berada di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Pantai yang memiliki pesona sangat indah dan menarik bagi setiap mata yang memandang. Dengan padatnya pohon kelapa membuat pantai serasa sejuk. Tak heran jika Pantai Kelapa menjadi tujuan wisata bagi anak muda dan juga tempat yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Jika akhir pekan tiba, banyak masyarakat menghabiskan waktu di tempat ini.

Tapi itu semua tidak semudah membalik telapak tangan untuk menjadikan wisata pantai kelapa menjadi sekarang ini. Butuh modal besar untuk membuat suatu tempat hingga layak dinyatakan sebagai destinasi wisata. Tanpa suntikan dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), masyarakat pengelola harus berkantong tebal sebelum bergabung dengan kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Ketua Pokdarwis Pantai Kelapa Muhasan, Senin (15/1) mengatakan sudah menghabiskan uang yang cukup banyak untuk mengubah pantai kumuh menjadi bersih dan layak dikunjungi sebagai tempat wisata. ‘’Lebih dari enam bulan kami bekerja keras untuk menghidupkan tempat wisata hingga bisa seperti ini,’’ tutur dia.

Pria yang akrab disapa Hasan itu tidak menyebut detail nominal dana pembangunan wisata di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang itu. Sebab, pembangunannya bertahap, mulai menguruk lahan parkir saja dibutuhkan dana Rp 15 juta.

"Dan Alhamdulillah atas jerih payah pengurus dan dibantu warga sekitar bisa menjadikan pantai kelapa yang asalnya hanya kebun kelapa yang sangat kumuh dan sekarang bisa indah seperti sekarang ini yang banyak pengunjung," bebernya. 

Data yang diterima Pokdarwis, untuk hari-hari biasa ada sekitar 500 orang lebih pengunjung. Sedangkan, untuk hari-hari libur bisa mencapai 4000 pengunjung. Pengunjung tidak hanya berasal dari lokal Kabupaten Tuban. Tetapi, juga dari luar daerah seperti Lamongan dan Bojonegoro.

"Ada juga dari Luar provinsi seperti Rembang, Blora, Jawa Tenggah dan Pati," imbuhnya. (*wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO