Minggu, 21 Oktober 2018 14:05

Tradisi Naik Puncak Lawu Diikuti Danrem 081/DSJ dan Dandenkesyah Madiun

Sabtu, 13 Januari 2018 10:33 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: -
Tradisi Naik Puncak Lawu Diikuti Danrem 081/DSJ dan Dandenkesyah Madiun
Danrem saat melakukan pendakian menuju puncak tertinggi di gunung Lawu.

MAGETAN, BANGSAONLINE.com - Tradisi menyambut warga baru di Kodim Kodim 0804 Magetan dengan menaiki gunung Lawu terasa istimewa. Hal itu karena acara tersebut diikuti Danrem 081/DSJ Kolonel Inf R. Sidharta Wisnu Graha, SE. dan Dandenkesyah 05.04.01 Madiun Letkol Ckm dr. Djanuar Fitriadi, Sp. B. Jumat (12/1)

Gunung Lawu merupakan gunung api istirahat yang sudah lama tidak aktif. Gunung Lawu memiliki tiga puncak yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah yang merupakan puncak tertinggi dengan ketinggian 3.265 mdpl.

Untuk menuju ke puncak Lawu kita dapat melalui dua jalur pendakian dari Cemoro Sewu di Desa Ngancar Kec. Plaosan Magetan dan jalur pendakian Cemoro Kandang Karangayar. Melalui jalur pendakian Cemoro Sewu sangat menguntungkan bagi para pendaki selain jarak tempuh yang relatif pendek dibanding dengan melalui Cemoro Kandang, di jalur ini hampir setiap pos hingga puncak terdapat warung untuk singgah bagi para pendaki yang ingin menambah bekalnya.

Dalam sambutanya pada acara pemberangkatan, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf R. Sidharta Wisnu Graha, SE. berpesan agar dalam pendakian kali ini para peserta tradisi agar tidak takabur atau su’udon. Pendaki diimbau tetap berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT agar nantinya semua peserta bisa sampai dipuncak dan kembali dalam keadaan aman.

Pada tradisi Satuan ini mengambil jalur pendakian Cemoro Sewu, pada pukul 05.00 WIB Danrem 081/DSJ Kolonel Inf R. Sidharta Wisnu Graha, SE. melepas langsung peserta Tradisi Satuan Kodim 0804 Magetan. Mulai trek pertama rute pemberangkatan ke pos 1 jalur pendakian masih relatif landai. Di kanan kiri jalan terdapat vegetasi hutan damar begitu juga jalan makadam dengan batu yang tertata rapi. Dari pos 1 menuju ke pos 2 di kanan kiri merupakan medan yang berbatu dengan jalur yang belum terlalu ekstrem. Dari pos 2, pos 3, dan pos 4 hingga menjelang pos 5 di sinilah fisik dan mental kita akan diuji karena pada jalur pos ini kita akan melalui tanjakan berbatu yang ekstrim.

Pada pukul 11.00 WIB Danrem 081/DSJ dan peserta tradisi tiba di Sendang Drajat yang terletak di pos 5 jalur pendakian sebelum menuju ke puncak. Di Sendang Drajat ini Danrem 081/DSJ melaksanakan istirahat sejenak dengan mandi air sendang, melaksanakan salat Duhur dan berdoa di petilasan Prabu Brawijaya V. Setelah istirahat sejenak Danrem 081/DSJ melanjutkan pendakian menuju puncak Hargo Dumilah yang merupakan puncak tertinggi. Pada pukul 16.00 WIB Danrem 081/DSJ Kolonel Inf R. Sidharta Wisnu Graha, SE. dan peserta tradisi tiba di bese camp Cemoro Sewu untuk melaksanakan upacara tradisi dan penyiraman bunga.

“Tadisi naik ke puncak Lawu ini merupakan tradisi satuan yang dilaksanakan setiap tahun untuk menguji mental dan kemanpuan fisik prajurit yang berdinas di Kodim 0804 Magetan. Diharapkan setelah melaksanakan tradisi satuan ini Prajurit Kodim 0804 Magetan bisa menyatu dan mengenali kondisi geografi, demografi dan kondisi sosial yang akan menjadi medan pengabdiannya sehingga apa yang menjadi tugas pokok komando kewilayahan dapat dilaksanakan dengan baik oleh setiap Prajurit Kodim 0804 Magetan, “tegas Dandim 0804 Magetan. (*/ns)

Sumber: *Penrem
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 Oktober 2018 11:08 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DARI Malang menuju Bekasi. Begitulah aksi KPK dalam melakukan gerakan senyap OTT yang melibatkan para bupati kedua daerah itu. Simbul para koruptor kian menjalar dari daerah ke daerah untuk merapatkan barisan sambung-meny...
Sabtu, 20 Oktober 2018 19:42 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Menjadi viral saat ada rombongan umrah menyanyikan lagu Ya Lal Wathan, termasuk yang memb...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 29 September 2018 09:57 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 04 Oktober 2018 13:39 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gua Jenggung, begitulah nama yang diberikan kepada gua yang baru ditemukan di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.Saat melihat keindahan stalaktit maupun stalagmit di dalam Gua Jenggung, laksana berlibur ke T...