Gunung Semeru Semburkan Guguran Lava, para Penambang Pasir Diminta Waspada

Gunung Semeru Semburkan Guguran Lava, para Penambang Pasir Diminta Waspada Seorang petani memantau Gunung Semeru dari kejauhan, dia menganggap bahwa guguran lava hal biasa. foto: IMRON/ BANGSAONLINE

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Pasca mengeluarkan awan panas guguran dua hari lalu, di Lumajang, Senin (08/01) pagi tadi mengeluarkan guguran lava. Informasi ini berdasarkan informasi yang didapat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang dari Pos Pengamatan.

Bahwa setelah mengeluarkan awan panas guguran, gunung tertinggi di pulau jawa itu mengeluarkan guguran lava. Meski demikian, status saat ini masih level II waspada.

"Guguran lava sendiri berasal dari titik awan panas kemarin yang berada 1 kilometer dari puncak Mahameru, mengarah ke Besuk Kembar dan Besuk Bang," ujar Wawan Hadi S Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Logistik BPBD Lumajang

Meski menunjukkan keaktifan, namun masyarakat di sekitar masih saja melakukan aktivitas seperti biasanya. Seperti pergi ke sawah dan melakukan penambangan pasir di daerah aliran sungai lahar Semeru.

Dari pengamatan media ini secara visual, gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) itu terlihat jelas tanpa ada awan sedikit pun. mengeluarkan asap putih yang berasal dari guguran lava yang keluar dari bukaan kawah arah tenggara.

Guguran lava terlihat jelas sudah berada di kaki gunung Semeru dengan jarak sekitar tiga kilometer. Hal ini tentunya bisa mengancam keselamatan para penambang pasir yang melakukan aktivitas di sejumlah DAS Semeru.

Lihat juga video 'Penendang Sesajen Semeru Berhasil Ditangkap':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO