Perangi ISIS, Perancis Kirimkan Senjata

Perangi ISIS, Perancis Kirimkan Senjata repro dw.de

PARIS (bangsaonline) - Perancis mengirimkan persenjataan ke Irak buat memerangi ISIS. Adapun Jerman membatasi bantuan pada kendaraan lapis baja dan perlengkapan medis. Dukungan dunia ditujukan buat kawasan otonomi Kurdi di utara Irak.

Kurdische Soldaten im Irak

Perancis berjanji akan memasok persenjataan buat Irak dalam perang melawan kelompok ekstremis Negara Islam Irak Suriah (ISIS). Komitmen tersebut diutarakan Presiden Francois Hollande, Rabu (13/8) waktu setempat.

"Untuk menjawab kebutuhan mendesak yang diungkapkan otoritas regional Kurdistan, presiden memutuskan, dalam kesepakatan dengan Baghdad, untuk mengirimkan persenjataan dalam beberapa jam kedepan," tulis kantor kepresidenan Perancis dalam pernyataanya.

Perancis akan memainkan "peranan aktif" dalam menyediakan semua bantuan yang dibutuhkan, "bersama semua mitra kami dan pemerintahan baru Iraq."

"Berbuat lebih Banyak"

Selama akhir pekan lalu Paris sudah memerintahkan pengiriman 18 ton bantuan kemanusiaan. Sementara bantuan lain seberat 20 ton akan tiba di Irak dengan menggunakan kapal laut hari Rabu. Hollande yang juga mengungkapkan dukungan buat Perdana Menteri terpilih, Haidar al-Abadi mendesak "pemerintahan bersatu" Irak untuk melawan kelompok ISIS.

Sumber: dw.de

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO