Tak Digubris Pemkab, Warga Winong Pasuruan Tanam Pisang dan Mancing di Jalan

Tak Digubris Pemkab, Warga Winong Pasuruan Tanam Pisang dan Mancing di Jalan MANCING MANIA: Warga protes parahnya kerusakan jalan dengan melakukan aksi menanam pohon pisang serta memancing bersama.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Hampir seluruh warga Dusun/Desa Winongan, Kecamatan Winong, Kabupaten Pasuruan melakukan aksi protesnya terhadap jalan rusak parah. Jalan yang tiap hari dilalui dum truk muatan sirtu dari Kedung Rejo, Kedungbanger, Umbulan Kecamatan Winongan itu tidak ada ijin dan sudah berjalan 5-7 tahun rusak parah. 

Untuk melampiaskan kekesalannya, warga melakukan tanam pohon pisang dan memancing di tengah jalan. Penanaman pohon pisang dan memancing itu sebagai wujud keprihatinan karena pemerintah daerah mengbaikan keluhan warga atas jalan rusak parah tersebut tidak diperbaiki dengan segera. 

Warga yang kecewa dengan sikap tidak tegas Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf meneriakkan yel-yel di depan posternya. Kekesalan mereka semakin bertambah setelah ada berita kebocoran pajak tambang mencapai ratusan juta rupiah pertahunnya. 

Warga lalu melakukan aksi di sejumlah titik di jalan sejauh 3 kilometer yang  menghubungkan antara Desa Winongan ke Desa Umbulan. Mereka menanam pohon pisang di lokasi jalan rusak yang tergenang air depan Puskesmas Winongan.

Bahkan, saking parahnya, aksi simbolis mancing bersama mereka lakukan karena menilai jalan tersebut layaknya kolam. Selain orang dewasa, aksi itu juga melibatkan anak-anak.

Menurut warga, Jalan Tenggilis ke Beyeman itu sudah lama rusak. Rupanya sengaja ada pembiaran dari Pemkab. "Jalan semakin parah karena banyak kendaraan proyek (SPAM) Umbulan dan tambang lewat sini," ujarnya. 

Kapolsek Winongan AKP Handoyo yang mengawal jalannya aksi mengatakan aksi tersebut murni karena warga menuntut agar segera dilakukan perbaikan jalan. "Warga meminta jalan ingin segera diperbaiki. Terlihat yang melintas setiap hari kendaraan komersial dan bayar pajak," kata Handoyo. (par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO