La Nyalla Dapat Mandat DPP Gerindra, Peluang Poros Ketiga Terbuka

La Nyalla Dapat Mandat DPP Gerindra, Peluang Poros Ketiga Terbuka Abdul Malik, SH, MH, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jatim menunjukkan surat penugasan yang diterima La Nyalla dari Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Peluang munculnya poros ketiga di luar Khofifah dan Gus Ipul di Pilgub Jawa Timur masih terbuka. Potensi itu muncul setelah DPP Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memberikan mandat kepada La Nyalla Mahmud Mattalitti sebagai Cagub Jatim untuk menggalang koalisi menuju 2018.

Partai Gerindra menugaskan La Nyalla Mattalitti untuk menggalang koalisi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Surat tugas dengan nomor 0036/B/DPP-Gerindra/2017 itu diteken sang Ketua Umum Prabowo Subianto pada tanggal 10 Desember 2017.

Dalam butir pertama surat tersebut, DPP menugaskan La Nyalla untuk membangun koalisi dalam Pilgub Jawa Timur. Pasalnya, Gerindra hanya punya 13 kursi di DPRD Jawa Timur, sehingga dibutuhkan 7 kursi tambahan untuk bisa mendaftar di KPU Jatim.

Selain menugaskan menggalang partai koalisi, dalam butir kedua, Prabowo juga meminta agar La Nyalla melengkapi struktur mesin pemenangan.

"Apabila sampai tanggal 20 Desember anda tidak mampu memenuhi persyaratan nomor 2 dan 3, maka surat tugas ini tidak akan berlaku," bunyi syarat ketiga.

Sementara itu Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Abdul Malik, meyakini kalau La Nyalla bisa menggalang koalisi di Pilgub Jawa Timur, sehingga akan memunculkan poros ketiga di luar Khofifah dan Gus Ipul.

"Saya yakin pak Nyalla mampu membentuk koalisi," tutur Malik ketika dikonfirmasi pada Senin (11/12).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO